Sabtu, 15 Mei 2021 19:00

3 Pejabat Eselon II Pensiun, Pj Bupati Gresik Bisa Lantik Pejabat Definitif

Rabu, 21 Oktober 2015 16:22 WIB
3 Pejabat Eselon II Pensiun, Pj Bupati Gresik Bisa Lantik Pejabat Definitif
Pj Bupati Gresik, Akmal Budianto. foto: syuhud/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemkab Gresik di bawah kepemimpinan Pj Bupati Akmal Boedianto pada akhir tahun 2015, ada tiga pejabat eselon II yang memasuki masa purna tugas (pensiun). Mereka adalah, kepala Bapelu (Badan Penyuluh) Labat Wibowo, kepala Dinkes (Dinas Kesehatan) dr Sugeng Widodo dan Sekkab Ir Moch Najib MM.

Untuk pengisian kekosongan jabatan yang ditinggalkan tersebut, mengacu UU (Undang-Undang) ASN (Aparatur Sipil Negara) Nomor 5 tahun 2014, akan dilakukan dengan cara lelang terbuka.

Dengan begitu, Pj Bupati Gresik, Akmal Boedianto kalau ingin mengisi jabatan yang kosong tersebut dengan jabatan definitif, maka harus melakukan lelang terbuka. Lalu apakah diperbolehkan Pj Bupati lakukan kebijakan strategis seperti pelantikan pejabat definitif? " Tidak ada persoalan. Mengacu UU ASN, Pj Bupati bisa lakukan pelantikan pejabat definitif," kata Kepala Bagian Ortala (Organisasi Tata Laksana) Pemkab Gresik, Budi Raharjo, Rabu (21/10).

Dia membenarkan, pada akhir tahun 2015 ini ada tiga pejabat eselon II yang memasuki masa pensiun. "Mereka pensiun ketika Bupati Gresik dijabat Penjabat," tuturnya.

BACA JUGA : 

Segera Dibangun, RS Gresik Selatan Berpeluang Didirikan di Desa Tanjung Kedamean

Bupati Gus Yani Serahkan JPS kepada 24.532 Guru Ngaji dan Marbot

Bupati Gresik Izinkan Warga Salat Idulfitri di Masjid dan Lapangan Sesuai Zonasi PPKM Mikro

DPRD Gresik Terima Ranwal RPJMD 2021-2026, Tapi dengan Sejumlah Catatan

Penjabat Bupati, Akmal, lanjut Budi Raharjo, bisa langsung mengisi kekosongan jabatan tersebut atau menunjuk Plt (pelaksana tugas) saja sampai ada Bupati definitif. Namun, kalau melakukan pelantikan setelah dilakukan lelang terbuka, juga tidak ada persoalan. "Kalau Pak Akmal lakukan pelantikan pejabat definitif yang kosong tersebut, terlebih dahulu meminta rekomendasi dari Gubernur Jatim," terangnya.

Sebelumnya, Sekkab Gresik Moh Najib mengatakan, dirinya memasuki pensiun per November 2015. Untuk pengisian jabatnnya, terlebih dahulu dilakukan melalui lelang terbuka. Lelang bebas diikuti oleh semua peserta, mulai eselon III hingga II. Mereka yang menginginkan bisa menempati jabatan sekkab yang kosong harus dengan lelang terbuka. "Nanti yang lakukan lelang dari tim independen. Tugas Pemkab hanya lakukan penjaringan dan pendaftaran," kata Najib baru-baru ini.

Khusus untuk jabatan Sekkab Gresik yang akan ditinggal pensiun, Najib menjelaskan, jabatan puncak karir tertinggi di lingkup Pemkab Gresik tersebut akan dilakukan lelang terbuka oleh Bupati.

Hanya, peserta yang diperbolehkan ikut lelang adalah pejabat yang menduduki eselon II. Bukan hanya sekadar itu, pejabat bersangkutan sudah dua kali menempati jabatan eselon II di tempat berbeda. "Untuk pejabat eselon II yang harus dua kali menempati jabatan eselon II di tempat berbeda, itu mengacu aturan Permendagri (peraturan menteri dalam negeri) Nomor 27 tahun 2005," jelas Najib.

Kemudian, nantinya ada dua pejabat yang dinyatakan lolos tes verifikasi akan dikirim ke Depdgari (Departemen Dalam Negeri) melalui Gubernur Jatim untuk disahkan salah satunya menjadi Sekkab. Kemudian, Bupati yang mengukuhkan pejabat eselon II yang direkomendasi Depdagri itu menjadi Sekkab. "Siapapun yang menggantikan posisi saya di Sekkab nanti, orangnya harus mempu membantu Pak Bupati," pungkas Najib. (hud/rev)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 15 Mei 2021 09:10 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kerusuhan 13 Mei 1998 terus diperingati oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Korban aksi anarkis itu sebagian memang etnis Tionghoa.Uniknya, mereka memperingati dengan menyajikan rujak pare dan sambal jombrang. Apa...
Kamis, 13 Mei 2021 19:51 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...