Pj Bupati Malang Kaget Dana KIP Dipotong, akan Telusuri

MALANG, BANGSAONLINE.com - Baru menjabat sekitar dua minggu sebagai penjabat Bupati Malang, Hadi Prasetyo akan mengevaluasi pelaksanaan program (KIP) di kabupaten Malang. Hal ini akan dilakukan karena dia menerima laporan pemotongan dana yang diterima lewat KIP.

“Pastinya saya akan langsung turun ke lapangan. Tapi sebelum itu saya utus orang dulu untuk mencari data,” ujar Hadi di Pendopo Kabupaten Malang, Selasa (17/11).

Menurut Hadi, KIP adalah keputusan politik yang harus dikawal untuk meringankan beban rakyat maupun siswa untuk memperoleh pendidikan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat. Tidak boleh ada potongan apapun kepada pihak siswa atau pelajar penerima. “Kalau sudah ada potongan pasti ada yang tidak benar. Saya ingin tahu, ada apa sebenarnya,” tegas Hadi.

Meski demikian, Hadi berupaya berprasangka positif, mungkin saja hal itu karena si pemotong khawatir, jika uang tersebut langsung diberikan kepada siswa. “Enaknya dana KIP ini untuk apa? Jangan-jangan kalau dibawa siswa justru buat jajan, sehingga para orang tua tidak mengetahui,” tambah dia.

Hadi berharap, ke depan ada sistem pengawasan yang jelas. Jangan sampai KIP ini menjadi sumber pemotongan dana yang tidak resmi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu pihaknya akan mengecek secara langsung, dan menunggu laporan dari utusannya. (thu/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO