PWNU Banten Dibekukan, Rais Syuriah PCNU se-Wilayah Banten Bantah Mosi Tak Percaya

PWNU Banten Dibekukan, Rais Syuriah PCNU se-Wilayah Banten Bantah Mosi Tak Percaya KH Makmun Mazhar, dan surat pernyataan 7 Rais Syuriah PCNU se-wilayah Provinsi Banten yang mengaku tak pernah tandatangan mosi tak percaya. foto: istimewa

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Di tengah upaya islah untuk menyelesaikan konflik NU yang dimediatori Wakil Presiden HM Jusuf Kalla ternyata KH Ma’ruf Amin dan KH Said Aqil Siroj masih melakukan manuver politik. Duet kiai yang posisinya sebagai Rais Am dan Ketua Umum PBNU masih sengketa di pengadilan negeri karena digugat oleh Forum Lintas PWNU itu justru membekukan PWNU Banten yang selama ini dikenal sangat maju dan sarat kegiatan.

Ketua PWNU Banten KH Makmur Mazhar mengaku tak habis pikir dengan langkah politik Said Aqil ini. ”Kalau yang jadi target saya, kenapa PWNU yang dibekukan. Itu kan mengorbankan para kiai dan PWNU Banten. Kan tinggal mecat saya saja,” kata Kiai Makmur Mazhar kepada BANGSAONLINE.

Ia bahkan mengaku senang kalau dirinya pribadi dipecat. ”Kalau saya malah bersyukur dipecat Said Aqil. Karena saya tak bisa kerjasama dengan perusak NU seperti dia. Saya kan memang tak mengakui dia sebagai ketua umum karena proses pemilihan Rais Am maupun Ketua Umum PBNU dalam Muktamar tak sah,” katanya.

Pembekuan PWNU Banten itu disampaikan dalam surat berkop PBNU nomor 42/A.II.04/02/2016 yang ditandatangani KH Ma’ruf Amin, KH Said Aqil Siroj, Yahya Cholil Staquf dan Helmy Faishal Zaini. Surat pembekuan yang ditetapkan pada 1 Februari 2016 itu diawali dengan alasan karena semua PCNU se-wilayah provinsi Banten mengajukan mosi tak percaya atas Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Banten.

PBNU pimpinan Ma’ruf Amin-Said Aqil kemudian mengangkat caretaker yang terdiri dari empat orang, yaitu KH Abdul Manan Ghani (ketua), Robikin Emhas, SH, MH (sekretaris), Drs H Masduki Baidlowi (anggota) dan Ishfah Abidal Aziz (anggota).

Tapi benarkah para pimpinan NU se-wilayah Banten yang berjumlah 8 PCNU itu mengajukan mosi tak percaya? ”Itu tak benar. Ini persekongkolan jahat Said Aqil,” kata Kiai Makmur Mazhar.

Ia kemudian menunjukkan bukti bahwa para Rais Syuriah PCNU se-wilayah Provinsi Banten tak satu pun mengajukan mosi tak percaya kepada Ketua PWNU Banten. Bahkan semua Rais Syuriah PCNU se-wilayah Porvinsi Banten itu kemudian membuat surat pernyataan lengkap dengan tandatangan bahwa mereka tak pernah mengajukan mosi tak percaya kepada ketua PWNU Banten sebagaimana diklaim PBNU pimpinan Kiai Ma’ruf Amin dan Kiai Said Aqil.

“Ini tandatangan tujuh Rais Syuriah se-wilayah Banten. Yang satu lagi sakit, belum bisa tandatangan,” kata Kiai Makmur Mazhar sembari memberikan kopi surat pernyataan para Rais Syuriah se-wilayah Provinsi Banten yang menyatakan tak pernah tanda tangan mosi tak percaya .

Lihat juga video 'Mobil Dihadang Petugas, Caketum PBNU Kiai As'ad Ali dan Kiai Asep Jalan Kaki ke Pembukaan Muktamar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO