Terobosan Tiga Mahasiswa UKWM: Buat Spaghetti, Milkshake dan Coffee Latte dari Singkong

Terobosan Tiga Mahasiswa UKWM: Buat Spaghetti, Milkshake dan Coffee Latte dari Singkong

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala (UKWM) membuat makanan sehat dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Panganan siap saji seperti spaghetti, milkshake dan coffee latte dibikin mereka dari bahan dasar singkong. Makanan tersebut mengantarkan Agatha Audiana Soesilo, Hagi Pranata dan Jonny mengukir prestasi di tingkat nasional.

“Singkong adalah produksi hasil tani terbesar ke-2 di Indonesia, tapi selama ini lebih umum dipergunakan untuk bahan-bahan cemilan seperti keripik, jajanan tradisional atau langsung dikonsumsi sebagai makanan pokok di beberapa daerah. Tetapi belum ada yang memanfaatkan singkong untuk spaghetti ataupun milkshake,” ungkap Agatha yang tergabung dalam Tim OWL bersama rekannya Hagi dan Jonny, Selasa lalu.

Untuk menghasilkan produk makanan yang layak hingga lolos uji, Agatha dan Hagi berulang kali berkonsultasi ke Fakultas Teknologi Pertanian Jurusan Teknologi Pangan. Meski berulang kali gagal mereka tidak menyerah. Bahkan tidak berhenti di spaghetti dan milkshake, mereka juga berinovasi menghasilkan coffee latte dari bahan singkong.

"Di sana kami belajar tentang zat-zat pengawet yang ternyata tidak baik untuk dipergunakan dalam pengolahan bahan makanan. Dari pengalaman itulah kami berusaha membuat produk makanan yang memanfaatkan bahan alami, namun cukup awet dan aman untuk dikonsumsi," ungkap Agatha.

Dijelaskan Agatha, menampilkan singkong dalam wujud spaghetti, membuat umbi tersebut bisa dinikmati lebih banyak orang. “Rasanya memang kami sesuaikan dengan selera lidah orang Indonesia, tetapi kalau dibuat seperti ini kan terbuka juga kemungkinan untuk dinikmati dunia internasional,” ujar Hagi.

Jonny, anggota termuda menambahkan, kesulitan saat membuat spaghetti dari singkong itu adalah memastikan perbandingan antara tepung terigu dengan singkong haruslah tepat 2:1. Seporsi menggunakan tepung 75 gram dan singkong sekitar 30 gram. Selain itu harus memilih tepung terigu dengan kadar protein tinggi, agar spaghettinya kenyal.

Lihat juga video 'Mulai dari 10 Ribu, Warung Omahe Dewe di Kediri Sediakan Masakan Khas Pedesaan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO