Hadapi Lebaran, Pemkab Nganjuk Tiadakan Pasar Murah

Hadapi Lebaran, Pemkab Nganjuk Tiadakan Pasar Murah Pasar murah di Nganjuk.

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Warga dalam menghadapi Lebaran tahun ini harus lebih mempersiapkan diri dengan memiliki keuangan yang lebih banyak dibanding sebelumnya. Karena dipastikan Pemkab meniadakan pasar murah bahan pokok untuk menghadapi musim Lebaran Idul Fitri 2016.

Padahal, biasanya pasar murah rutin diadakan setiap tahun untuk membantu meredakan lonjakan harga. Pada tahun-tahun sebelumnya setiap menjelang Lebaran Idul Fitri, Pemkab rutin menjual paket sembako murah dengan subsidi 60% dari harga pasar.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Pertambangan, dan Energi (Disperindagkoptamben) Rr Heni Rochtanti mengatakan, pada Lebaran yang tinggal dua bulan lagi ini Pemkab hanya mengandalkan pasar murah yang digelar Pemprov Jawa Timur.

Selain itu lanjut Heni, pihaknya juga menunggu instansi pemerintah maupun swasta yang akan menggelar pasar murah. ”Kadang instansi pemerintah maupun swasta juga mengadakan pasar murah sendiri,” tambahnya.

Tahun lalu banyak instansi pemerintah yang mengadakan pasar murah, sperti Perum Perhutani, Bulog dan juga instansi lainnya. Heni menjelaskan, kegiatan pasar murah akan diganti dengan operasi pasar murni.

Sayangnya, perubahan itu belum masuk ke dalam APBD 2016. Pemkab baru mengusulkannya dalam perubahan anggaran keuangan (PAK) APBD 2016 yang mungkin baru disepakati DPRD Oktober. "Karena perubahan format itu, bulan puasa kali ini tidak ada pasar murah," kata Heni.

Lihat juga video 'Peringati Hari Jadi ke-1.087, Pemkab Nganjuk Gelar Sejumlah Baksos':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO