Efektivitas Pariwisata Madura Melalui Public Service Communication

Efektivitas Pariwisata Madura Melalui Public Service Communication

POTENSI pariwisata di Madura menghadirkan banyak keuntungan bagi masyarakat Madura, mulai dari keuntungan ekonomi, sosial, hingga ke branding budaya. Madura yang merupakan gugusan kepulauan yang terdiri dari beberapa pulau besar dan kecil sehingga banyak sekali potensi bahari yang harus dikembangkan dan disebarluaskan informasinya ke seluruh nusantara. Pulau dengan karakteristik budaya islami menghadirkan ciri khas yang berbeda dari pulau-pulau indah lainnya di Indonesia.

Madura yang dulu hanya dikenal sebagai pulau yang khas dengan karapan sapinya, garamnya, dan sifat keras dari penduduknya ternyata tidak hanya yang dipersepsikan masyarakat luas. Pulau Madura juga mempunyai potensi pulau-pulau kecil di luar pulau Madura yang masih alami dan perawan. Pemandangan batu karang yang terjaga, udara yang masih segar karena kandungan oksigen yang masih tinggi, pasir yang masih putih menambah potensi pariwisata bahari di pulau-pulau kecil di Madura, khususnya di pulau Gili Labak.

Pulau kecil yang masih dalam wilayah kabupaten Sumenep, yaitu pulau Gili Labak mempunyai pemandangan yang menarik para wisatawan domestik dan mancanegara. Panorama keindahan yang disajikan oleh pulau ini masih alami dan jarang wisatawan datang di sana. Private Island Gili Labak mampu memikat hati para wisatawan yang ingin berlibur. Fasilitas alam yang disajikan oleh Gili Labak, masih belum terpublikasi oleh masyarakat asli pulau yang dipadati oleh kurang lebih 37 KK ini.

Hal ini dikarenakan masih belum adanya pemahaman tentang pentingnya publikasi pariwisata melalui media massa maupun online dan kesadaran masyarakat untuk menumbuhkan efektivitas potensi pariwisata melalui public service komunikasi.

Dari situlah, Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Trunojoyo Madura merasa terpanggil untuk melakukan pelatihan pemberdayaan komunikasi tentang efektivitas public service komunikasi untuk meningkatkan potensi wisata bahari di pulau Gili Labak yang merupakan bagian dari pulau Madura.

Semua dosen mempunyai tugas masing-masing untuk memberikan pemahaman terhadap warga lokal untuk memberikan servis yang terbaik, sehingga para wisatawan baik domestik dan mancanegara tidak kecewa setelah datang ke pulau ini. Kegiatan yang dilakukan oleh Prodi Ilmu Komunikasi FISIB UTM dilakukan tanggal 13 November 2016 di pulau Gili Labak.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO