Bersihkan Mata Air Kehidupan, Tradisi Keduk Beji di Desa Tawun, Kasreman Ngawi

Bersihkan Mata Air Kehidupan, Tradisi Keduk Beji di Desa Tawun, Kasreman Ngawi Tradisi Keduk Beji di Kasreman Ngawi yang dilestarikan.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Bertempat di Desa Tawun, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi, Komandan Koramil 0805/04 Padas Kapten Czi M. Nurvolasohi menghadiri tradisi atau upacara adat Keduk Beji. Tradisi setahun sekali itu digelar untuk melestarikan budaya dan membersihkan mata air sumber kehidupan.

Adapun upacara Keduk Beji diawali dengan pengedukkan atau pembersihan kotoran di dalam sumber Beji. Seluruh pemuda dan anak laki-laki desa terjun ke sumber air untuk mengambil sampah dan daun-daun yang mengotori kolam.

Dikatakan Danramil 0805/04 Padas usai kegiatan tersebut, upacara Keduk Beji merupakan salah satu cara untuk melestarikan adat budaya penduduk Desa Tawun sejak jaman dulu.

"Hal ini dimaksudkan agar sumber air Beji tetap bersih. Sumber itu digunakan untuk minum, pengairan sawah, dan sebagai sumber air di Taman Pemandian Tawun," terangnya.

Kegiatan tersebut ditutup dengan selamatan dan makan bersama berkat dari Nasi Gunungan yang telah disediakan bagi warga untuk mendapatkan berkah.

Selain melestarikan sumber air, upacara Keduk Beji oleh Pemkab Ngawi telah diakui sebagai ikon wisata budaya. Sebab Keduk Beji telah menjadi agenda seni budaya tahunan yang dapat menambah tingkat kunjungan wisata ke Wilayah Ngawi.

Setiap tradisi itu digelar, ribuan pengunjung berdatangan ke Taman Pemandian Tawun, tempat di mana acara adat tersebut dilakukan. (*/dur)

Peralatan tradisonal ini untuk upacara Keduk Beji.

Sumber: *Penrem 081

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO