Sambut Super Blue Blood Moon, Masyarakat Pamekasan Salat Khusuf Bersama

Sambut Super Blue Blood Moon, Masyarakat Pamekasan Salat Khusuf Bersama Ratusan jemaah saat akan melakukan sholat gerhana bulan di masjid agung As-Shuhada Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Gerhana bulan total yang juga disebut Super Blue Blood Moon kali ini bisa dinikmati di sebagian dunia termasuk di Indonesia. Gerhana tersebut terjadi pada Rabu (31/01/2018) malam kemarin.

Di Kabupaten , warga menikmati fenomena tersebut di berbagai tempat wisata, seperti pantai Talang Siring dan pantai Jumiang. Tetapi tidak sedikit masyarakat yang melakukan ibadah sholat bulan dan berdo'a memohon keselamatan dan kesehatan di masjid-masjid.

Salah satu masjid yang menggelar salat khusuf adalah masjid Agung Asy Shuhada yang terletak di area arek lancor. Bahkan di surau, musala, dan masjid-masjid lain juga serentak melakukan sholat ,"

Imam sholat khusuf di masjid Agung Asy Shuhada Drs Achmad Hadiri menerangkan bahwa pihaknya memang telah mempersiapkan pelaksanaan sholat jamaah tersebut. Menurutnya, bulan merupakan salah satu tanda-tanda kebesaran Allah SWT.

"Kita bisa melihat dengan mata dan hati mengenai ciptaan Allah SWT, sehingga kita bisa berpikir bahwa Allah SWT maha perkasa. Artinya kita harus bangga, kagum, dan akhirnya cinta dan rela berkorban untukNya," tuturnya.

Pantauan Bangsaonline.com, suasana langit tampak cerah sehingga masyarakat bisa menikmati dengan jelas proses bulan sejak pukul 18.30 hingga puncaknya sekitar pukul 19.50.

"Alhamdulillah langit cerah, jadi kita puas mengamati proses pergerakan ," ujar Mu'is warga Patemon yang mengamati tersebut dari pantai Talang Siring.

"Pantas disebut Gerhana Bulan Super Blue Blood Moon karena berada dalam jarak terdekatnya dengan Bumi di masa purnama, sehingga ukuran bulan purnama terlihat lebih besar lebih terang dari biasanya," ungkapnya. (err/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO