Tetapkan DPS, KPU Kediri Temukan 14.000 Pemilih Belum Ber-KTP Elektronik

Tetapkan DPS, KPU Kediri Temukan 14.000 Pemilih Belum Ber-KTP Elektronik ?KPU Kota Kediri saat menggelar rapat pleno penetapan DPS Pilwali dan Pilgub. Foto: Arif Kurniawan/BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri menggelar rapat pleno terbuka, terkait rekapitulasi Data Pemilih Sementara (DPS) untuk Pilwali Kota Kediri dan juga Pilgub Jawa timur, Rabu (14/3) malam.

Ketua KPU Kota Kediri Agus Rofik mengatakan, hasil rekapitulasi DPS berjumlah 201.465. Jumlah tersebut bersifat sementara, karena ada pemilih yang belum bisa ditemui oleh petugas coklit saat dilakukan pendataan. 

"Mungkin karena kesibukan pemilih saat petugas coklit berkunjung tidak bisa menemui,” ungkap Agus Rofiq.

Dari data yang dimiliki oleh KPU kota Kediri dengan perbandingan pada Pilpres 2014 lalu, pemilih mengalami penurunan karena beberapa faktor. Di antaranya karena meninggal dan pemilih yang saat ini masuk Polri dan juga TNI.

Sementara untuk pemilih yang belum ber-KTP elektronik diperkirakan berjumlah 14 ribu orang se-Kota Kediri. Namun jumlah tersebut termasuk yang belum bisa ditemui saat dilakukan coklit. Namun pihak KPU Kota Kediri sudah berkoordinasi dengan pihak Dispendukcapil untuk segera menerbitkan KTP-el.

Apabila pihak Dispendukcapil belum bisa menerbitkan KTP-el, diminta untuk menerbitkan Surat Keterangan karena untuk mengamankan hak pemilih. “Kita minta Dispendukcapil untuk menerbitkan Suket, untuk mengamankan hak pemilih,” pungkas Agus Rofiq.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO