Unik dengan Fenomena Munculnya Hiu ​Tutul, Pantai Pasta Marina Bisa jadi Wisata Andalan

Unik dengan Fenomena Munculnya Hiu ​Tutul, Pantai Pasta Marina Bisa jadi Wisata Andalan Eksotiknya muara Kali Gembong di pelabuhan. foto: dok/bangsaonline

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Potensi wisata Pantai Pasta (Pasuruan Kota) Marina ibarat mutiara yang terbenam oleh lumpur. Pepatah itu nampaknya pas melihat kondisi pantai Pasuruan. Di balik kondisinya yang saat ini terkesan kotor karena terabaikan, namun pantai Pasta menyimpan sejumlah potensi menakjubkan. 

Seandainya dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin pantai dan pelabuhan Pasta akan menjadi wisata andalan dan bermanfaat untuk menambah pundi-pundi daerah.

Plt Kepala Dinas Kominfo Pasuruan Kota, Fendy Krisdiyono, S.P., M.M, mengakui obyek wisata Pantai Marina menyimpan potensi unik. Di antaranya, yakni munculnya hiu tutul hingga puluhan ekor.

"Hiu hiu tutul itu sekilas kelihatan galak, namun pada kenyataannya jinak. Diceritakan oleh para nelayan saat ada perahu nelayan melintas hiu hiu justru malah mendekat. Sehingga kemunculan hiu-hiu itu bisa mendatangkan rejeki terutama bagi pemilik perahu," ujarnya.

Saat hiu hiu muncul di permukaan, tangan tangan para nelayan digerakkan di atas air. Hiu itu pun menyambutnya dengan menggerakkan tubuhnya timbul tenggelam. "Kesannya ngajak bermain-main dan menambah keindahan sebagai wahana liburan," paparnya.

Hewan raksasa itu muncul sekira bulan Desember sampai Februari saat air laut dingin. Mereka berenang ke bibir pantai untuk mencari air hangat dan proses kawin. Seusainya memadu kasih, hiu hiu kembali ke habitatnya, ke laut. 

"Itu potensi wisata di akhir tahu," kata Fendy.

Kemunculan hiu hiu tutul itu bagi nelayan Pasuruan sudah dianggap sebagai hal biasa. Nelayan juga tidak berani menangkap karena hewan jenis tersebut termasuk dilindungi oleh negara. "Andai menangkap tidak berurusan dengan hukum, mungkin sudah punah dijaring nelayan," katanya.

Pantai Masih Kotor

Lihat juga video 'Ngetrail Jelajah Alas Pinggan Pasuruan, Panen dan Cicipi Kopi Lereng Gunung Arjuno':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO