Miliki Pasar Ramah Lingkungan, Pemkab Pasuruan Raih Penghargaan dari Presiden RI

Miliki Pasar Ramah Lingkungan, Pemkab Pasuruan Raih Penghargaan dari Presiden RI Bupati Pasuruan saat foto bersama usai menerima penghargaan dari Presiden RI.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - kembali mencatatkan prestasi membanggakan. Kali ini, penghargaan diberikan lantaran Plaza Pasar Gempol Kabupaten Pasuruan terpilih sebagai pasar ramah lingkungan terbaik se-Indonesai bersama dengan 5 kabupaten lainnya.

Anugerah tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi kepada Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf dalam acara Peresmian dan Penyerahan Penghargaan Pasar Rakyat Indonesia, serta Pembukaan Rapat Kerja Kementerian Perdagangan RI, di Gedung Indonesia Center Exhibition, Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, Selasa (12/3).

Menurut keterangan Kepala Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan) Kabupaten Pasuruan Ir. Edy Suwanto yang dikonfirmasi BANGSAONLINE.com menjelaskan, ada beberapa kriteria dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh pasar daerah.

"Di antaranya soal penanganan sampah, harus ada IPAL, menjaga kebersihan, fasilitas penampungan sampah, serta ada tanaman penghijauan. Juga soal ketertiban pedagang, penerangan, dan sirkulasi udara," jelas Edy.

Mantan Kepala Disbunhut ini menambahkan, untuk penanganan masalah kebersihan di Pasar Gempol, pihak Disperindag menyiagakan beberapa orang kru pasar yang bertugas membersihkan lingkungan pasar.

"Lorong, dan kios, sampai halaman dan bedak atau los selama dua kali sehari. Sampah yang dibersihkan tersebut diangkut melalui container dan dibuang ke tempat pembuangan sampah (TPS) yang telah ditentukan," tambahnya.

Di Plasa Pasar Gempol juga sudah di dukung sarana IPAL yang di bangun tahun 2018 silam. Fungsi dari IPAL ini untuk menangani permasalahan limbah cair di dalam pasar untuk diolah dengan baik. Air limbah tidak langsung terbuang ke sungai, melainkan disaring melalui IPAL, sehingga tidak sampah menimbulkan bau tak sedap.

Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf menjelaskan, prestasi yang diraih merupakan hasil kerja keras semua pihak baik OPD maupun kepedulian yang konsisten dalam mematuhi aturan.

“Saya mengajak kepada para pedagang untuk ikut peduli memanfaatkan pasar sesuai dengan prinsip pasar itu sendiri, menjaga kebersihan dari sampah-sampahnya, menjaga ketertiban sehingga bisa nyaman bekerja di pasar,” ucap Irsyad kepada BANGSAONLINE.com.

Tak selesai sampai di situ, Gus Irsyad, sapaan Irsyad Yusuf juga mengimbau kepada seluruh pedagang pasar untuk ikut andil dalam pembangunan . Salah satunya melalui pemenuhan retribusi pasar yang dampaknya akan kembali untuk pengembangan pasar itu juga.

“Kalau haknya telah diberikan, maka kewajiban juga pasti harus dilaksanakan. Adanya retribusi pasar juga sangat penting, karena hasil dari retribusi itu juga akan kembali dalam bentuk perbaikan fasilitas, pengembangan pasar dan kegiatan lainnya,” terangnya.

Dengan diraihnya penghargaan dari Presiden Jokowi, Irsyad berterima kasih kepada semua elemen masyarakat, mulai dari tokoh masyarakat, alim ulama, dan khususnya warga pasar (pedagang dan pembeli) yang terus meramaikan pasar rakyat sebagai jantung perekonomian daerah.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO