Dari Diskusi Forkot Soal JIPPE, Warga Sebut Belum Terima Ganti Rugi Lahan

Dari Diskusi Forkot Soal JIPPE, Warga Sebut Belum Terima Ganti Rugi Lahan Suasana diskusi publik soal JIIPE yang digelar LSM Forkot di Kafe Deloji GKB. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Diskusi publik dengan tema "Meningkatkan Kemaslahatan Kawasan Industri untuk Warga Gresik" yang digelar Lembaga Swadaya Masyarakat Forum Kota (LSM Forkot) di Kafe Deloji GKB, menjadi ajang warga menumpahkan kekesalan.

Warga sekitar proyek yang dihadirkan satu per satu menyampaikan keluh kesahnya. Di antaranya terkait pembebasan tanah yang belum dibayar, dugaan penyerobotan tanah, isu pencemaran lingkungan, hingga menagih janji proyek katanya mampu menyerap tenaga kerja hingga ratusan ribu orang.

Diskusi ini mendatangkan sejumlah narasumber, di antaranya Anggota Komisi I DPRD Gresik Nasihan, Kabid Pencegahan Pencemaran Lingkungan DLH Gresik Bakhtiar Gunawan, Kabid Tata Lingkungan DLH Zakky, dan perwakilan dari Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur.

Sementara pihak yang diundang tak hadir. Padahal, kehadiran pihak sangat ditunggu karena diharapkan bisa memberikan jawaban soal problematika yang dihadapi warga Manyar dan sekitarnya yang terdampak.

Beberapa keluhan salah satunya disampaikan Rozi, warga asal Manyar. Ia mengaku tanahnya ikut terdampak pembebasan lahan untuk proyek . Namun, hingga kini ia belum mendapat ganti rugi.

Dirinya menyatakan telah berkali-kali mempertanyakan ke pihak terkait ganti rugi pembebasan lahan, namun tak mendapatkan jawaban yang diinginkan. "Hal ini harus kita lawan. Tapi yang kita hadapi pemilik Kota Gresik. Apa siap?," kata Rozi yang dijawab siap oleh para peserta diskusi publik.

"Kami siap datangkan para petani yang tanahnya terkena proyek dan belum dibayar," sambungnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO