Permudah Urus e-KTP, Pemkot Surabaya Gunakan ADM

Permudah Urus e-KTP, Pemkot Surabaya Gunakan ADM Wali Kota Risma saat ditemui awak media.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan mendukung penuh langkah yang dilakukan pemerintah pusat dalam menggunakan Anjungan Dukcapil Mandiri () yang berfungsi untuk cetak e-KTP. Untuk itu, pihaknya akan terus mempelajari lebih dalam lagi terkait mekanisme yang ada di dalam mesin .

“Dari mekanisme ini, kami harus dan terus mempelajari dengan baik,” kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini seusai rapat koordinasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur Tahun 2020 sekaligus penyerahan dan peresmian Anjungan Dukcapil Mandiri () yang berfungsi untuk cetak e-KTP, di Convention Hall Grand City, Surabaya, Jumat (31/1).

Sebenarnya, kata dia, sudah lama menggunakan alat seperti tersebut. Terutama untuk menerbitkan Kartu Keluarga (KK). Selain itu, akta kelahiran juga bisa dilakukan pencetakan dengan menggunakan alat tersebut.

“Kalau yang tadi untuk KK, sudah lama yang kita gunakan karena kertasnya bukan kertas yang khusus. Jadi kertasnya seperti kertas lain. Terus akta kelahiran juga bisa asalkan ada barcodenya,” katanya.

Namun, alat yang dimiliki belum dapat digunakan untuk cetak e-KTP. Sebab, Risma mengaku, untuk cetak e-KTP harus menggunakan kertas atau blanko khusus. “Jadi kita belum bisa. Insya Allah nanti kita gunakan, makanya kita harus pelajari dengan baik,” pungkasnya.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam sambutannya mengatakan, adalah mesin yang memiliki banyak sekali manfaat bagi masyarakat Indonesia.

"Di samping itu, alat ini memiliki tiga sistem keamanan. Pertama menggunakan fingerprint yang sesuai dengan sidik jari, kedua menggunakan iris mata, dan terakhir ada sistem namanya face recognition karena ternyata wajah setiap orang itu berbeda,” ucapnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO