Jelajah Sejarah Kediri Tempo Doeloe, Selayang Pandang Pendopo Kabupaten Kediri

Jelajah Sejarah Kediri Tempo Doeloe, Selayang Pandang Pendopo Kabupaten Kediri Ketua Pasak, Novi Bahrul Munif saat menjelasakan sekilas sejarah Kediri di Pendapa Kabupaten Kediri.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Puluhan Pegiat Sejarah dan Budaya yang tergabung dalam komunitas Pasak (Pelestari Sejarah – Budaya Kadhiri), melakukan kegiatan yang diberi tajuk Jelajah Sejarah Tempo Doeloe.

Kali ini mereka menjelajah ke Masjid Agung Kota , ke sebuah bangunan yang saat ini digunakan sebuah sekolah menengah, Alun-alun Kota , dan terakhir ke kawasan Pendopo Kabupaten .

Ketua Pasak, Novi Bahrul Munib, menjelaskan bahwa jelajah sejarah Tempo Doeloe ke empat bangunan bersejarah tersebut dilakukan pada hari Minggu (1/3) siang hingga sore. Menurut Novi, di zaman dulu kala bangunan-bangunan itu merupakan satu kesatuan, meski sekarang dalam penguasaan Pemerintah yang berbeda.

"Hanya kawasan pendopo saja yang saat ini masih dikuasai oleh Pemerintah Kabupaten . Sisanya sudah masuk kekuasaan Pemkot sejak tahun 1951 lalu, di mana saat terjadi pemisahan kekuasaan antara Pemkab dan Pemkot ," kata Novi, Senin (2/3/2020).

Masih menurut Novi, jelajah sejarah Tempo Doeloe ini sudah dilakukan Pasak untuk yang kesekian kalinya. Setelah ini, lanjut Novi, pihaknya akan mengajak para pegiat sejarah dan budaya di untuk menjelajah kawasan pecinan yang berpusat di Kelenteng Tjoe Hwie Kiong, .

Sementara itu, saat peserta jelajah masuk ke kawasan Pendopo Kabupaten , mereka langsung disambut Plt. Kabid Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Eko Priatno Triwarso, S.S..

Eko Priatno menjelaskan bahwa merupakan salah satu Kota Tua yang masih mencirikan tradisional dengan menganut konsep-konsep kosmologis yang terlihat jelas pada pembagian ruang serta arsitektur bangunannya.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO