Galang Solidaritas Sosial, FKUB dan Unusida Sinergi Dirikan Posko Bantuan Dampak Covid-19

Galang Solidaritas Sosial, FKUB dan Unusida Sinergi Dirikan Posko Bantuan Dampak Covid-19 BANTUAN PERDANA: Penyaluran bantuan saat peresmian Posko Bantuan Dampak Covid-19 di kampus Unusida, Senin (6/4). foto: MUSTAIN/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Gerakan menghadapi wabah atau virus Corona terus bermunculan di . Di antaranya pendirian Posko Bantuan Dampak oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Universitas Nahdlatul Ulama (Unusida).

Posko yang bertempat di kampus utama Unusida, Jl Monginsidi Dalam Kavling DPR itu diresmikan oleh Wabup Nur Ahmad Syaifuddin, Senin (6/4). Peresmian posko dihadiri pengurus FKUB , Forkopimda dan Kabiro Administrasi Pemerintahan dan Otoda Propinsi Jatim, Jempin Marbun.

Wabup Nur Ahmad mengapresiasi pendirian Posko Bantuan Dampak itu. Namun wabup meminta posko tidak hanya menyalurkan bantuan sembako, juga menyampaikan informasi secara proporsional soal .

"Sehingga masyarakat tidak mengakses berita tidak benar dan menjadi panik," cetus wabup.

Ketua Gugus Tugas Penanganan ini juga berharap posko bisa terus berkoordinasi dengan pemerintah dalam penanganan . Sebab pemerintah tidak bisa menangani semua permasalahan tersebut.

Rektor Unusida, Dr Fatkul Anam mengatakan, pihaknya berupaya menggalang solidaritas dan kesetiakawanan sosial dalam menghadapi pandemi , dari pihak yang mampu untuk disalurkan kepada warga yang kurang beruntung. "Mudah-mudahan yang kita lakukan ini bisa meningkatkan rasa solidaritas kepada warga ," cetus Fatkul Anam.

Kata Fatkul Anam, selain menyalurkan bantuan sembako, hand sanitizer dan masker, melalui posko tersebut, pihaknya sedang merancang kegiatan yang bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait atau virus Corona.

Untuk hal tersebut, kata Fatkul Anam, pihaknya bakal berkoordinasi langsung dengan unsur masyarakat, terutama pemerintah desa (Pemdes) dan melibatkan seluruh mahasiswa Unusida dalam Posko Bantuan Dampak tersebut.

Ketua Posko Bantuan Dampak FKUB-Unusida, Suratidjan mengatakan, organisasi non pemerintah memiliki peran mendukung kebijakan pemerintah dalam menangani bencana, seperti wabah saat ini. Selain itu, bisa memilih peran yang belum tersentuh oleh pemerintah.

Dengan alasan tersebut, FKUB yang menangani unsur-unsur umat beragama bersama dengan Unusida, perlu berpartisipasi dalam rangka menjaga stabilitas kehidupan sosial. "Bantuan yang akan disalurkan meliputi sembako, hand sanitizer, masker dan lain-lain," ucap Suratidjan. (sta/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO