Setiap Hektare, Kebun Pisang Kaji Sholah Hasilkan Rp 450 Juta per Tahun

Setiap Hektare, Kebun Pisang Kaji Sholah Hasilkan Rp 450 Juta per Tahun H. Sholahuddin saat menunjukkan pisang emas Kirana di kebunnya.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Awalnya menanam pisang hanya sebagai peneduh tanaman durian yang ditanamnya. Ternyata hasilnya mengejutkan. Bahkan dalam satu hektare, kebun pisang miliknya menghasilkan Rp 450 juta per tahun.

Adalah H. Sholahuddin yang akrab dipanggil Kaji Sholah. Pria ini ternyata cukup piawai dalam bercocok tanam. Bila sebelumnya karena sentuhan tangan dinginnya, ia bisa menginspirasi dan membangkitkan para petani untuk menanam jagung dengan benar dan produktivitasnya cukup tinggi, kini mantan Kepala Desa Banyubang Kecamatan Solokuro Lamongan ini kembali membuat inspirasi baru bagi masyarakat khususnya para petani.

Tanaman pisang milik Kaji Sholah yang ada di Desa Karangcangkring Kecamatan Karanggeneng dan di Desa Brangsi Kecamatan Laren cukup menjanjikan penghasilannya. Bagaimana tidak, tanaman pisang yang biasa hanya ditanam untuk melengkapi tanaman pokok, ternyata bisa menghasilkan rupiah yang tidak sedikit.

Kaji Sholah menanam pisang jenis Raja Bulu dan Emas Kirana. Dua komoditi itu mampu menambah pundi-pundi keuangannya. Tiap satu hektare dengan populasi 1.000-1.100, dalam satu tahunnya bisa menghasilkan Rp 450 juta.

Dikatakan Kaji Sholah, beberapa bulan ke depan ini, kebunnya juga akan panen. Dengan asumsi setiap satu rumpun bisa mengasilkan 3 tandan pisang. Di mana setiap satu tandannya dihargai Rp 125-150 ribu.

"Bisa dihitung satu tandan kalau tengkulak ambil langsung dari kebun rata-rata Rp 150 ribu, kalau tiga tandan berarti bisa hasilkan Rp 450 ribu," terangnya kepada sejumlah wartawan.

Lihat juga video 'Komunitas Disabilitas Kota Pasuruan Raup Cuan dari Lampu Hias':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO