Ingin Lebih Tenang, 18 Warga Giripurno Minta Isolasi Mandiri di Rumah

Ingin Lebih Tenang, 18 Warga Giripurno Minta Isolasi Mandiri di Rumah Ilustrasi.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Sedikitnya 18 warga Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu yang diisolasi di Hotel Mutiara karena konfirm positif Covid-19, Selasa (16/6), pulang ke rumahnya. Mereka mengajukan pulang untuk melakukan isolasi mandiri dengan sepengetahuan Camat Bumiaji.

"Terkait dengan isolasi mandiri di rumah dari pasien Covid-19 warga Giripurno, dapat kami jelaskan bahwa kami dalam hal ini Dinas Kesehatan tidak pernah memulangkan mereka. Namun, keingingan untuk melanjutkan isolasi mandiri di rumah adalah murni atas keinginan dan permohonan dari mereka yang diketahui oleh Camat Bumiaji," ujar Jubir Gugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M. Chori, Selasa (16/6).

Beberapa pertimbangan yang disampaikan warga sehingga mereka memutuskan pulang, karena mereka merasa lebih nyaman dan lebih tenang apabila isolasi dilakukan di rumah masing-masing. Mereka juga telah membuat surat pernyataan, bahwa selama menjalani isolasi mandiri akan mengikuti dan mematuhi protokol kesehatan, serta bersedia menjalani pemeriksaan lanjutan sampai dinyatakan sembuh. Yaitu hasil 2 kali swab terakhir dinyatakan negatif.

"Dengan mempertimbangkan hal tersebut, serta memperhatikan kondisi pasien yang stabil dan tidak menunjukkan gejala klinis, sehingga mereka dapat melanjutkan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Selama menjalani isolasi mandiri di rumah akan dilakukan pemantauan kondisi kesehatannya setiap hari oleh tim medis," ungkap M.Chori.

Dikatakan Chori, 18 warga Giripurno tersebut masih menunggu 2 kali swab lagi. Jika hasilnya negatif, maka mereka dinyatakan sudah sembuh.

Adapun jumlah pasien konfirm yang diisolasi di Hotel Mutiara berjumlah 23 orang. Antara lain 18 orang dari Giripurno, 2 orang dari Kelurahan Sisir, dan 3 orang dari Desa Beji. Untuk sementara yang dari Sisir dan Beji masih bertahan di shelter isolasi.

Kades Giripurno, Suntoro membenarkan kembalinya 18 warganya ke rumahnya masing-masing. Bahkan, ia mengungkapkan bahwa warga sangat senang menyambut kedatangannya. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO