Jumat, 30 Oktober 2020 08:08

Resmikan Perbup 63, Bupati Bangkalan Tegaskan Tak Ada Denda Rp 50 Ribu Bagi Pelanggar Protkes

Senin, 24 Agustus 2020 17:48 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Subaidah
Resmikan Perbup 63, Bupati Bangkalan Tegaskan Tak Ada Denda Rp 50 Ribu Bagi Pelanggar Protkes
Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron meresmikan Perbup No 63 Tahun 2020 tentang perubahan atas Peraturan Bupati No 46 .

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron meresmikan Perbup No 63 Tahun 2020 tentang perubahan atas Peraturan Bupati No 46 tentang percepatan pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Bangkalan.

Berdasarkan hasil perubahan perbup tersebut, diputuskan bahwa tidak ada denda sebesar Rp 50 ribu bagi perorangan atau pemilik usaha, seperti yang telah beredar sebelumnya di masyarakat.

"Tidak ada denda uang, hanya adanya sanksi administratif. Sanksi bagi perorangan adalah teguran lisan selama 3x24 jam, teguran tertulis 3x24 jam, kemudian sanksi kerja sosial berupa membersihkan sarana fasilitas umum dengan menggunakan perlengkapan kerja," ujarnya setelah pencanangan penerapan Inpres No 6 Tahun 2020 di Pendopo Agung Bangkalan, Senin (24/8/2020).

Sedangkan sanksi bagi pelaku usaha, teguran lisan selama 3x24 jam, teguran tertulis 3x24 jam, penghentian sementara operasional usaha, dan pencabutan izin usaha.

Dikatakannya, sanksi sosial ini akan terus berlanjut, walaupun status Bangkalan telah menjadi wilayah zona hijau. Karena, pihaknya tidak ingin masyarakat tidak mematuhi protokol Covid-19 sehingga menyebabkan Bangkalan kembali menjadi zona merah.

Oleh sebab itu, bupati berharap dengan adanya perbup tersebut, masyarakat dapat lebih mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

"Hal ini, akan terus menjadi upaya dan ikhtiar kita dengan pemkab, forkopimda, dan tim satgas serta masyarakat untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan sehingga Kabupaten Bangkalan saat ini yang berstatus zona kuning dapat berubah menjadi zona hijau," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra menyampaikan, adanya perubahan perbup ini bukan untuk menakut-nakuti, tapi mendisiplinkan masyarakat. 

"Mari kita lakukan dengan cara yang humanis tapi tegas. Walaupun tidak ada denda, tapi adanya sanksi sosial yang perlu kita sampaikan berdasarkan perbup yang telah dicanangkan untuk diikuti oleh masyarakat," pintanya.

Di pihak lain, Komandan Kodim 0829/Bangkalan Letkol Kavaleri Ari Setyawan Wibowo mengimbau agar instansi menerapkan protokol kesehatan di internal masing-masing terlebih dahulu.

"Sebelum kita mengajak orang lain, perlu adanya pendisiplinan pada diri kita dulu, kemudian kepada keluarga, masyarakat, dan unit kita. Agar hal ini menjadi sebuah kebiasaan, bukan ketakutan," pungkasnya. (ida/uzi/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Rabu, 28 Oktober 2020 10:49 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...