Sabtu, 15 Mei 2021 08:17

PT Wina Mandiri Karunia Launching CSC, Mudahkan Pelaku UMKM dan e-Commerce Dalam Urusan Logistik

Rabu, 02 September 2020 18:58 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
PT Wina Mandiri Karunia Launching CSC, Mudahkan Pelaku UMKM dan e-Commerce Dalam Urusan Logistik
Komisaris PT Wina Mandiri Firesa Erik Cristian Cahyono, bersama Cargo Manager Garuda Indonesia Surabaya I Wayan Indrabayu, saat peresmian CSC di Bulusidokare, Sidoarjo, Rabu (2/9/2020).

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Arus barang lewat jalur udara ternyata tetap berkembang selama pandemi. Kiriman barang dari industri, UMKM, dan e-Commerce justru meningkat, ketika usaha lain sedang lesu.

Menangkap peluang usaha serta mendorong pertumbuhan UMKM dan pelaku industri di Sidoarjo, PT Wina Mandiri Karunia membuka cargo service center (CSC), bekerja sama dengan Garuda Indonesia.

"Untuk mendekatkan diri ke Sidoarjo. Memudahkan pelaku UMKM dan e-Commerce dalam urusan logistik ke luar negeri maupun domestik," kata Firesa Erik Cristian Cahyono, Komisaris PT Wina Mandiri di sela peresmian CSC di Bulusidokare, Sidoarjo, Rabu (2/9/2020).

Menurutnya ada sejumlah potensi besar di Sidoarjo. Termasuk industri olahan, kerupuk, sepatu, dan berbagai UMKM serta industri lain. "Sidoarjo butuh pengiriman cepat ke berbagai daerah di Indonesia dan ke luar negeri. Selama ini kan dibawa ke Surabaya dulu," lanjut dia.

BACA JUGA : 

Harga Kebutuhan Pokok Masih Wajar Jelang Lebaran

​Ekonomi Triwulan Pertama 2021 Minus, Covid Varian Baru juga Mencemaskan

Tingkatkan Penjualan Online Seller dan UMKM, JNE Berikan Promo Gratis Ongkir

Promo Big Ramadan Sale, COD Gratis Ongkir dan Diskon Besar Untuk Sobat Shopee!

Dengan adanya layanan ini, diharapkan bisa mempermudah pengiriman barang dari Sidoarjo langsung ke berbagai wilayah, termasuk ke luar negeri.

Pertumbuhan bisnis logistik di masa pandemi juga diakui Ima Sumaryani, Wakil Ketua ALFI (Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia) yang hadir di kegiatan tersebut.

"Jika sektor usaha lain sedang ada pembatasan, tidak demikian di logistik. Masa pandemi justru terus bergerak karena banyak masyarakat berpindah melakukan transaksi secara online," kata dia.

Dengan adanya CSC ini, diyakininya juga sangat membantu pelaku industri, UMKM, dan e-commerce di Sidoarjo. Karena layanan di tempat ini bisa memfasilitasi pengiriman yang terkecil sampai paling besar. Domestik dan internasional.

Senada disampaikan I Wayan Indrabayu, Cargo Manager Garuda Indonesia Surabaya. Sejauh ini disebutnya sudah ada enam CSC di Surabaya dan Sidoarjo. Satu milik Garuda sendiri, lainnya di KSO-kan.

"Di Sidoarjo, ini yang kedua. Potensi Sidoarjo memang sangat bagus. Utamanya industri olahan, UMKM dan e-commerce. Volume cargo, selama ini juga terbilang besar. Domestik maupun internasional," ujarnya.

Masa pandemi ini, disebut dia, volume cargo di Bandara Juanda malah meningkat dua kali lipat. Kiriman ke luar negeri juga disebut dia masih stabil, meski ada beberapa pembatasan penerbangan.

Keberadaan CSC ini merupakan bagian dari strategi korporasi dalam memperluas jaringan distribusi layanan cargo udara dengan mendekatkan layanan one stop service kargo udara kepada masyarakat pengguna jasa.

Melalui layanan ini, masyarakat bisa lebih mudah dalam pengiriman barang lewat udara. Ke seluruh rute yang diterbangi Garuda Indonesia. (cat/rev)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Jumat, 14 Mei 2021 09:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tulisan Dahlan Iskan tentang Revolusi Energi edisi ke-3 makin menarik. Wartawan kondang itu mengajak Indonesia melawan tren dunia. Kita larang ekspor batu bara. Kita gunakan sisa batu bara semaksimal mungkin untuk memajuk...
Kamis, 13 Mei 2021 19:51 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...