Minggu, 24 Januari 2021 07:09

Kiai Ahmad Sofwan: Wajib Hukumnya Pakai Masker pada Masa Pandemi Covid-19

Kamis, 01 Oktober 2020 20:40 WIB
Editor: MMA
Kiai Ahmad Sofwan: Wajib Hukumnya Pakai Masker pada Masa Pandemi Covid-19
KH Ahmad Sofwan. foto: Uinsa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Di tengah gencar-gencarnya pemerintah kampanye pakai masker untuk mencegah penularan Covid-19, ternyata beredar video seorang ustadz mengutip Hadits Rasulullah yang melarang menutup mulut saat salat.

Ustadz itu tampak naik mobil sambil mengutip Hadits yang artinya: Rasulullah melarang seseorang menutup mulutnya saat salat.

Hadits ini sejatinya jadi perdebatan karena salah satu perawinya, Al-Ḥasan Ibn Zakwān, diragukan keterpercayaannya lantaran sering melakukan kekeliruan. Namun sebagian ulama menganggap hadits hasan. Alasannya ada Yahya Ibn Said, ahli hadits terpercaya, meriwayatkan haditsnya.

Nah, bagaimana sebenarnya? KH Ahmad Sofwan, pengasuh Pondok Pesantren Terpadu Daarul Muttaqien Manukan Tandes Surabaya menegaskan, jika dalam kehidupan normal orang salat pakai masker hukumnya makruh. Artinya, pakai masker tak berdosa, tapi jika tak pakai masker dapat pahala. 

“Jadi su’ul adzab, kurang etis aja. Karena salat itu kan berkomunikasi dengan Allah SWT. Tapi itu kalau dalam kondisi normal,” kata Kiai Ahmad Sofwan menjawab pertanyaan BANGSAONLINE.com, Kamis (1/9/2020).

“Sama dengan kita bicara dengan mertua sambil nutup mulut kan kurang etis,” jelasnya.

Tapi, tegas Kiai Ahmad Sofwan, dalam kondisi darurat pandemi covid-19 seperti sekarang beda lagi hukumnya. “Wong salat Jumat yang wajib saja boleh tidak dilakukan,” tegas alumnus King Saud University Riyad Saudi Arabia itu.

Kiai Sofwan lalu mengutip kaidah fiqh: darul mafasid muqoddamun ala jalbil mashalih. Artinya, mencegah kerusakan lebih didahulukan ketimbang mengupayakan kemaslahatan.

Selain itu, kata Kiai Sofwan juga ada kaidah fiqh: addlaruratu tubihul mahdhurat. “Keadaan darurat menghalalkan hal-hal yang haram atau dilarang,” kata Ketua Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Jawa Timur itu

Berarti pakai masker malah wajib? Menurut dia, wajib, terutama jika dikaitkan dengan kaidah maala yatimmul wajib illahi bihi fahuwa wajib. (Perkara yang menjadi penyempurna dari perkara wajib, maka hukumnya juga wajib).

“Ya wajib, jika pemerintah mengharuskan. Kan athiullaha waathiurrasul waulil amri minkum,” kata Kiai Sofwan mengutip Al-Quran Surat An-Nisa ayat 59. Yang artinya, taatlah kepada Allah, dan taatlah kepada Rasul dan kepada pemerintah.

Menurut dia, dalam kondisi pandemic seperti sekarang, kita harus mematuhi prokol kesehatan. Berarti kita harus pakai masker, disamping menjaga jarak dan sering mencuci tangan.  Karena tujuan utama memakai masker adalah demi keselamatan kita bersama. Yaitu menjaga keselamatan diri kita sendiri dan juga mencegah penularan dari orang lain ke kita dan juga sebaliknya. (mma)  

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...