Senin, 10 Mei 2021 14:32

Grand Final Putra-Putri Batik Pamekasan 2020, Dorong Perkembangan Batik, Pariwisata, dan Budaya

Sabtu, 10 Oktober 2020 13:51 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Yeyen
Grand Final Putra-Putri Batik Pamekasan 2020, Dorong Perkembangan Batik, Pariwisata, dan Budaya
Pelaksanaan grand final Putra-putri Batik 2020 di Mandhapa Agung Ronggosukowati Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Pamekasan menggelar Grand Final Pemilihan Putra-Putri Batik Pamekasan yang merupakan ajang untuk memilih putra-putri terbaik Pamekasan yang berbakat, dan memiliki kapasitas intelektual, sosial, dan spiritual yang akan membawa perkembangan batik, pariwisata, dan budaya kabupaten Pamekasan, Jumat (09/10/20) malam.

Walau dilaksanakan secara sederhana, ajang grand final putra-putri dalam masa pandemi covid-19 tetap menerapkan prokes kesehatan tersebut tidak mengurangi kemeriahan dan kesakralan acara grand final putra-puti batik di bumi gerbang salam.

Menurut Plt Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Pamekasan Ir. Nurul Widiastuti, grand final pemilihan putra-putri batik bertujuan memaksimalkan perkembangan batik juga pariwisata di Kabupaten Pamekasan.

"Nantinya yang terpilih harus mampu menjabarkan bagaimana batik pamekasan serta filosofi batik yang beragam dan eksotik, dan bisa memperkenalkan batik Pamekasan ke tingkat nasional maupun internasional," tutur dia.

BACA JUGA : 

Jelang Idulfitri 1442 H, Pemkab Pamekasan Instruksikan Seluruh ASN untuk Tidak Mudik

Bupati Pamekasan Teken Komitmen Bersama Program Pemberantasan Korupsi

​Batik Tulis Pamekasan Jadi Suvenir Ajang Miss Universe 2021 di Amerika Serikat

Dihadapkan KPK, Bupati Baddrut Tamam Berkomitmen Pamekasan Bebas KKN

Sedangkan Sekdakab Pamekasan H. Totok Hartono yang membacakan sambutan Bupati Pamekasan mengatakan, pelaksanaan pemilihan putra-putri batik Pamekasan ini menunjukkan semangat dan kesungguhan Pemerintah Kabupaten Pamekasan dalam mengawal salah satu potensi unggulan Kabupaten Pamekasan.

Sekdakab juga mengingatkan kembali, Kabupaten Pamekasan pada tanggal 24 Juli 2009 telah dicanangkan sebagai Kabupaten batik oleh Gubernur Jawa Timur pencanangan ini menunjukkan keseriusan Pemerintah Kabupaten Pamekasan untuk menggerakkan itu batik tulis.

"Dan dalam pencanangan kabupaten batik tersebut ada 1000 perempuan membatik di 1500 meter kain sehingga mendapatkan rekor dari Muri," ungkap Sekdakab.

Mantan Kadis PUPR tersebut menambahkan, Pemilihan Putra-Putri Batik Pamekasan ini pada dasarnya adalah memilih putra-putri terbaik Pamekasan yang berbakat dan memiliki kapasitas kepribadian intelektual sosial dan spiritual.

Ia juga berharap ajang ini haruslah bisa menjadi ruang untuk menempa diri serta harus mensukseskan wisata dan budaya juga potensi batik yang berbasis ekonomi.

"Ekpresi, kreasi dan prestasi ini harus mampu membawa batik pamekasan berjaya dan berbudaya," pungkasnya.

Adapun hasil pemilihan putra-putri batik 2020 sebagai berikut:

Juara 1

- Moh. Holil Setiawan

- Amelia Maudy S

Juara 2:

- Moh Farhan M A

- Shahnaz Larasati

Juara 3:

- Muhammad Iqbal A B

- Risqa Ramadhani

Busana terbaik:

- Moh. Alvian Efendi

- Aliya Shabira K

Persahabatan:

- Moh. Iqbal Arif P

- Febrianti Amalia

Bertalenta:

- Moh. Henjang S

- Denisa Annoerizi Y. (adv/yen/ns)

Penjaga Rumah Ibadah Bertanya Berapa Rupiah Jatah Tuhan
Senin, 10 Mei 2021 00:00 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur edisi Ramadan edisi 28 ini mereview cerita Gus Dur tertang para penjaga rumah ibadah. “Mereka berembuk soal sumbangan umat kepada rumah ibadah yang mengalami surplus. Lalu mereka bertanya, berapa ja...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 10 Mei 2021 05:19 WIB
Oleh: Dahlan Iskan --- LEBARAN kompak: hari Kamis, 13 Mei 2021. Maka, Disway edisi Rabu, Kamis, Jumat di sekitar Lebaran itu, saya akan menurunkan tiga tulisan tentang kebijakan energi untuk kebangkitan negeri.Lebaran tahun ini banyak waktu untu...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...