Flu Burung Merebak DPKH Lamongan Semprot Desinfektan

Flu Burung Merebak DPKH Lamongan Semprot Desinfektan Bupati Fadeli saat lakukan penyemprotan desinfektan di pasar unggas Lamongan. (Haris/BangsaOnline)

LAMONGAN (BangsaOnline) - Pengunjung Alun-alun Kota Lamongan tidak perlu was-was tertular dengan keberadaan sejumlah hewan unggas tersebut di alun-alun. Karena Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) setempat sudah menyemprotkan desinfektan.

Destan, bahan kimia desinfektan tersebut disemprotkan Bupati Fadeli bersama Sekkab Yuhronur Efendi di kandang keanekaragaman hayati Alun-alun Kota Lamongan yang berisi sejumlah burung hias. Selain di Alun-alun, desinfentan untuk mencegah itu juga disemprotkan di Pasar Unggas Lamongan.

"Masyarakat tidak perlu was-was dengan isu . Karena kemarin begitu ada informasi dugaan hewan unggas mati akibat , Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan langsung membatasi lalu lintas unggas dan melakukan penyemprotan desinfektan untuk mencegah penyebaran virus,"ujar Fadeli seusai penyemprotan di Pasar Unggas.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Sukriyah menyebut instansinya memiliki stok disinfektan yang cukup untuk mencegah terjadinya wabah . Dia meminta masyarakat segera melaporkan jika menemui hewan ternaknya mengalami kematian yang tidak wajar.

"Pemilik hewan unggas yang mati agar segera melapor sehingga kami bisa melakukan tindakan pencegahan. Seperti melakukan lokalisasi dan penyemprotan desinfektan yang hari ini kami lakukan, "ujar Sukriya.

Penyemprotan itu sendiri dilakukan menyusul adanya sejumlah hewan unggas milik warga Lamongan yang diduga akibat . Yakni 30 ekor ayam petelur di Desa Geger Turi dan 530 ekor burung puyuh di Desa Wonokromo dan Takeranklating Kecamatan Tikung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO