Senin, 18 Januari 2021 07:45

Beri Support Bawaslu, Lujeng Ingatkan Bahaya Peran Cukong Terhadap Paslon

Jumat, 20 November 2020 18:24 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Fuad
Beri Support Bawaslu, Lujeng Ingatkan Bahaya Peran Cukong Terhadap Paslon
Lujeng saat ditemui Titin dan Mukhlis di Kantor Bawslu Kota Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Direktur Pusat Studi Advokasi dan Kebijakan (Pusaka), Lujeng Sudarto, Jum’at (20/11) sekira pukul 14.00 WIB mendatangi kantor Bawaslu Kota Pasuruan di Jl. Panglima Sudirman.

Kedatangan Lujeng didampingi sejumlah anggota LSM lain, untuk memberikan support moral kepada Bawaslu terkait pengawasan di Pilwali Kota Pasuruan.

Lujeng disambut oleh dua anggota komisioner bawaslu, Mukhlis dan Titin. Ia menyampaikan berbagai support moral agar bawaslu dalam menjalankan tugas pengawasan lebih proaktif, khususnya mengenai adanya cukong yang menyetir paslon.

"Peran cukong ini sangat besar, dia mampu menendalikan paslon layaknya boneka politik. Ia yang nantinya menyetir jalannya kebijakan pemerintah, sehingga calon terpilih bisa terperosok dalam jurang pidana karena menuruti kemauan sang cukong," ujar Lujeng dikutip BANGSAONLINE.com di kantor bawaslu.

Adapun yang dimaksud cukong oleh Lujeng, adalah kaum pemodal. "Siapa pun orang yang terlibat dalam men-support modal besar untuk paslon adalah cukong. Ini sangat berbahaya bagi kelangsungan pemerintahan yang dipimpin oleh calon boneka yang disetir oleh cukong," ucapnya.

Kubu mana yang dimaksud disetir oleh cukong, Lujeng tidak mau menjelaskan itu. "Silakan tafsirkan sendiri, yang jelas jangan sampai kasus Pilkada 2015 lalu terjadi lagi. Untuk itu, bawaslu harus tegas bertindak jika ada indikasi politik uang yang masif," tandas Lujeng.

Lujeng menjelaskan bahwa, ada 100 relawan Pusaka yang menyebar di beberapa kegiatan paslon, baik kegiatan keagamaan atau kegiatan sosial kemasyarakatan, untuk melakukan monitoring.

"Jika nantinya di lapangan ada temuan money politic, kami tidak akan melaporkan ke bawaslu. Jika bawaslu tidak ada tindakan, maka kami akan melaporkan ke DKPP," tegas Lujeng.

Sementara Mukhlis, Komisioner Bawaslu Kota Pasuruan menyambut baik dukungan dan saran yang disampaikan oleh Pusaka dan LSM lainnya. "Silakan kalau memang ada temuan, laporkan ke kami. Pasti kami akan melakukan tindakan," jelas dia. (afa/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...