Hujan Lebat, Dua Jembatan di Lumbang Pasuruan Jebol Dihantam Banjir Bandang

Hujan Lebat, Dua Jembatan di Lumbang Pasuruan Jebol Dihantam Banjir Bandang Jembatan ke Desa Bulukandang yang ambrol usai diterjang banjir Bandang.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Hujan lebat pada malam hari di wilayah Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan mengakibatkan dua jembatan yang ada di Desa Bulukandang ambrol, tepatnya di Dusun Curah Garuh I dan Curah Garuh II pada Minggu (22/11).

Ambrolnya jembatan yang dibangun dengan menggunakan dana desa tersebut lantaran fondasi bangunan dari pasangan batu itu dihantam banjir bandang yang berisi tanah bercampur batu terus-menerus.

"Dua jembatan yang rusak tersebut setiap hari dipergunakan oleh masyarakat untuk aktivitas bekerja menggunakan dana desa," jelas Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Tectona Jati, Senin (23/11/20).

Besarnya volume banjir bandang yang terjadi pada minggu kemarin mengakibatkan separuh lebih plengsengan jebatan dengan ketinggian 2,5 meter ambrol. Untuk mengantisipasi banjir susulan dari banjir bandang yang membawa puluhan kubik material batu itu, masyarakat bersama forkompimda membersihkan material di sepanjang aliran sungai.

Banjir bandang dengan ketinggian 3-5 meter juga merusak jaringan pipa air bersih hingga terputus. Untuk kebutuhan masak dan minum,  warga setempat mengandalkan bantuan air bersih dari BPBD setempat. Kerugian akibat banjir bandang tersebut diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. (bib/par/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pasutri Terseret Longsor di Wilayah Gunung Bromo: Suami Selamat, Istri Meninggal':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO