Kamis, 04 Maret 2021 23:00

DPRD Gresik Minta DKPP Jemput Bola Pengembang Belum Serahkan PSU

Jumat, 08 Januari 2021 10:15 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Syuhud
DPRD Gresik Minta DKPP Jemput Bola Pengembang Belum Serahkan PSU
Nur Saidah

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Masih adanya ratusan pengembang perumahan di Kabupaten Gresik yang belum menyerahkan fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) atau PSU (prasarana, sarana, dan utilitas) ke Pemkab Gresik, direspon DPRD setempat.

Ketua Fraksi Gerindra, Hj. Nur Saidah meminta Dinas Kawasan Perumahan dan Permukiman (DKPP) Gresik agar jemput bola. Menurut Bu Nur, begitu panggilan akrabnya, jika DKPP tidak jemput bola, maka para pengembang akan mengolor penyerahan PSU kepada pemerintah.

Bahkan, tak sedikit pengembang yang meninggalkan tanggung jawabnya setelah rampung membangun perumahan, yakni 'kabur' sebelum menyerahkan PSU hingga tak terlacak keberadaannya. Dampaknya, banyak PSU perumahan yang dibiarkan rusak oleh para pengembang tak bertanggung jawab.

Karena itu, Nur Saidah meminta pemda mengantisipasi kasus-kasus seperti ini. Menurutnya, banyak pengembang yang melarikan diri tak mau mengurus PSU setelah merampungkan proyek perumahan.

"Dimungkinkan ada beberapa faktor yang membuat para pengembang kabur sebelum menyerahkan PSU. Di antaranya, karena merasa sangat ribet untuk melengkapi persyaratan untuk penyerahan PSU. Makanya, pemda yang harus fasilitasi para pengembang untuk menyerahkan PSU untuk membantu masyarakat. Kasihan warga perumahan kalau PSU digantung," terangnya.

Nur Saidah menjelaskan, bahwa Pemkab Gresik telah memiliki peraturan daerah (Perda) terkait penyerahan PSU. "Di Perda itu ada regulasi berapa persen pengembang perumahan sudah bisa diserahkan PSU-nya. Makanya, dipanggil saja jika pengembang tak menyerahkan PSU," pintanya.

Dia juga meminta kepada DKPP proaktif melakukan sosialisasi agar para pengembang mau mengurus dan menyerahkan PSU. "Sehingga, makin banyak pengembang yang menyerahkan PSU," pungkasnya.

Seperti diberitakan, saat ini di Kabupaten Gresik ada sebanyak 244 perumahan. Dari jumlah itu yang sudah serah terima PSU baru 8 pengembang. Sehingga, masih ada 236 pengembang yang belum menyerahkan atau serah terima PSU. (hud/ns)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Rabu, 03 Maret 2021 05:40 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Data ini benar-benar mengejutkan. Bayangkan. Dari 1.000 orang Indonesia, 950 orang kekurangan vitamin D. Loh, bukankah sinar matahari di Indonesia melimpah?Ternyata sinar matahari saja tidak cukup. Lalu harus ditambah ...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 27 Februari 2021 11:53 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...