Minggu, 01 Agustus 2021 04:58

PermataBank dan Batavia Kerja Sama Hadirkan Reksadana Syariah BGESEU

Rabu, 13 Januari 2021 15:29 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Diyah Khoirun Nisa
PermataBank dan Batavia Kerja Sama Hadirkan Reksadana Syariah BGESEU

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pandemi Covid-19 membuat kehidupan di dunia menjadi berubah dan semakin membuka wawasan bagi investor atas pentingnya memperkuat portofolio mereka di masa yang tidak pasti. Semakin hari semakin banyak investor di seluruh dunia yang menginginkan investasi secara berkelanjutan dengan memperhatikan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan, namun tetap menikmati potensi imbal hasil yang menarik.

Mengawali tahun 2021, PermataBank bersama PT Batavia Prosoerindo Aset Manajemen (BPAM) bekerja sama menghadirkan produk reksadana syariah bermata uang USD dengan nama Batavia Global ESG Sharia Equity USD (BGESEU). Menggabungkan investasi konvensional dan wawasan ESG, reksadana tersebut berinvestasi pada tren dan peluang baru dengan mengedepankan isu sustainability atau berkelanjutan yang memiliki dampak finansial yang nyata.

Dengan mengintegrasikan prinsip syariah dan faktor ESG pada reksadana Batavia Global ESG Sharia Equity USD, investor mengurangi paparan ke perusahaan dan/atau industri yang dianggap membahayakan oleh pakar investasi berkelanjutan.

Direktur Retail Banking PermataBank Djumariah Tenteram mengatakan, dihadirkannya BGESEU karena perusahaan mementingkan sustainability. Sedangkan generasi millennials adalah generasi dengan skor tertinggi yang memilih perusahaan yang mementingkan sustainability.

BACA JUGA : 

Semester I 2021, Pengguna Mobile Banking Bank Jatim Tumbuh 18 Persen

Terima Bantuan Uang Tunai Rp 150 Juta dari ​BPMD Jember, Bupati Hendy: Ini Adalah Wujud Sinergisitas

Kinerja Bank Jatim Meningkat, Investor Domestik Dominasi Saham “Seri B” Bank Jatim

Bank OCBC Jawab Masalah Finansial Kaum Muda

"Keinginan untuk membawa perubahan menjadi salah satu bagian dari niat berinvetasi nasabah millennials. Mereka merasa ini adalah tanggung jawab sosial," terang Djumariah.

"Reksadana berbasis ESG sudah menjadi tren sejak 2017, namun performanya memang meningkat drastis di 2020. BGESEU menjadi salah satu produk unggulan di awal tahun karena optimis bahwa mengawali tahun masyarakat pasti ingin memulai berbenah perencanaan keuangan, mencari investasi yang cocok return-nya dan sesuai dengan hati Nurani," bebernya/

Sementara itu, Direktur Utama PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen, Lilis Setiadi mengaku sangat antusias dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya investasi berkelanjutan atau ESG. Berdasarkan BlackRock People and Money Survey yang dilakukan pada periode Nov 2019-Jan 2020 dengan lebih dari 8,000 investor di Asia, 68 persen dari investor tersebut menginginkan investasi mereka untuk memperhatikan aspek E, S, dan G.

"Kami percaya melalui investasi pada Reksadana Batavia Global ESG Sharia Equity USD, investor mempunyai kesempatan untuk mendapatkan imbal hasil yang lebih baik, portofolio yang andal, serta membuat dampak positif," paparnya.

Aktris, public figure, dan Brand Ambassador PermataBank Priority, Susan Bachtiar mengakui, reksadana adalah salah satu pilihan investasi tepat bagi masyarakat yang profilnya moderat dalam berinvestasi. Menurutnya, reksadana adalah investasi jangka panjang, bukan tipe beli lalu cairkan.

"Mendengar tentang reksadana berbasis ESG seperti sebuah kabar baik buat saya, karena sudah dari dulu saya peduli tentang isu kemanusiaan dan lingkungan. Menempatkan uang pada saham perusahaan yang telah memenuhi berbagai aspek seperti keterlibatan masyarakat, perilaku berbisnis yang wajar, dan beretika seperti bentuk tanggung jawab sosial," tandasnya.

Nasabah PermataBank dapat melakukan pembelian produk Reksadana Batavia Global ESG Sharia Equity USD mulai tanggal 27 Januari 2021. Pembelian reksadana ini juga dapat dilakukan secara mudah dan seamless melalui PermataNet dan aplikasi PermataMobile X. (diy/rev)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...