Kini Petani Bisa Tekan Biaya Tanam, Berkat Program CSR Irigasi Terpadu PT SIG

Kini Petani Bisa Tekan Biaya Tanam, Berkat Program CSR Irigasi Terpadu PT SIG Saluran irigasi terpadu di Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban yang dibangun dari program CSR PT. Semen Indonesia.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - (Persero) Tbk - Pabrik Tuban menyalurkan program pemberdayaan masyarakat berupa saluran irigasi terpadu.

Penyaluran program CSR itu diberikan langsung Community Development Officer SIG Pabrik Tuban, Siswanto, kepada Kepala Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban, Prayitno di balai desa setempat, Selasa (26/1/2021).

Prayitno bersyukur dengan adanya program-program dari Grup (SIG). Selama ini, PT SIG terus berpartisipasi dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Dengan adanya program-program tersebut, masyarakat sangat terbantu dan merasakan dampak positifnya. Baik melalui program pemberdayaan masyarakat maupun program peningkatan infrastruktur.

"Alhamdulillah kami sangat terbantu dengan program CSR dari Semen Indonesia, dan kami berharap program ini terus berkelanjutan," ujarnya.

Bahkan, kata Prayitno, pihak desa juga telah menyediakan beberapa opsi lahan untuk menyambut program CSR PT SIG yang berskala besar. Nantinya, lahan itu akan dimanfaatkan untuk pengembangan potensi yang dimiliki desa.

"Kami memiliki dua lahan yang akan kami persiapkan untuk pengembangan wisata edukasi dan wisata peternakan," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua FMK Desa Sumurgung, Harsono Harianto menjelaskan, terdapat 7 Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) di Desa Sumurgung yang mengelola program CSR dari PT SIG. Dengan rincian, 4 program untuk pemberdayaan ekonomi, dan 3 program untuk bidang infrastruktur. Salah satunya pengadaan saluran irigasi pertanian warga.

"Salah satu program yang sangat dirasakan warga adalah saluran irigasi pertanian warga. Petani di sini sangat terbantu karena bisa menekan biaya operasional saat musim tanam," ujar Harsono.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO