Dinas Pendidikan Lamongan Cari 100 Kepala sekolah

Dinas Pendidikan Lamongan Cari 100 Kepala sekolah Adi Suwito, Kepala Dinas Pendidikan Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Hingga bulan Januari 2021, di Kabupaten Lamongan ada 49 sekolah yang mengalami kekosongan jabatan kepala sekolah, dari total 638 lembaga pendidikan. Menurut Kepala Adi Suwito, sekolah-sekolah yang tidak memiliki kepala sekolah tersebut dipimpin Plt.

“Kekosongan ini sampai dengan bulan Januari saja. Setelah dihitung sampai Desember (2021), kebutuhannya mencapai 96 kepsek karena masuk purna,” jelas Adi Suwito, Jumat (5/2) pagi.

Menurut dia, kekosongan ini perlu segera diisi agar tidak semakin banyak kurangnya. Disdik memrogramkan pengisian kepala SDN bulan ini. Pegawai yang memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi sudah dipetakan.

“Kita sudah programkan melalui dana APBD 2021. Seleksinya langsung mencari 100 kepsek, supaya kalau ada yang purna bisa langsung diisi,” tutur dia.

Adi mengatakan, seleksi kepsek bisa diikuti semua aparatur sipil negara (ASN). Khususnya, guru dengan masa golongan III c. Mereka bisa mengikuti seleksi untuk meningkatkan kompetensi masing-masing.

Pengujinya nanti dari Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) yang dibentuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Calon peserta akan mengikuti tiga tahapan seleksi. Yakni, administrasi, potensi akademik, dan terakhir diklat. Mereka yang sudah memenuhi semua tahapan dan dinyatakan lolos, mendapatkan nomor unik kepala sekolah (NUKS).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO