​Tinjau Tanggul Jebol di Pasuruan, Gubernur Khofifah Siapkan Skema Relokasi dan Rekonstruksi

​Tinjau Tanggul Jebol di Pasuruan, Gubernur Khofifah Siapkan Skema Relokasi dan Rekonstruksi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendatangi korban banjir meninjau jembatan yang jebol di Dusun Ngerong Desa Ngerong dan tanggul di Desa Kepulungan Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan, Jumat (5/2/2021). foto: ist/ bangsaonline.com

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Bencana Alam banjir menerjang Kabupaten Pasuruan. Banjir di Pasuruan ini terjadi setelah Sungai Kedunglarangan dan Sungai Kabeng Pulungan meluap setelah diguyur hujan dengan intensitas tinggi pada Rabu (3/2).

Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa didampingi Bupati Kabupaten Pasuruan HM Irsyad Yusuf, Kadis Cipta Karya yang juga Plt. Dinas Sumber Daya Air, Plt. Kalaksa BPBD Jatim Yanuar Rachmadi meninjau lokasi jembatan yang jebol di Dusun Ngerong Desa Ngerong dan tanggul di Desa Kepulungan Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan.

Banjir tersebut melanda 4 Kecamatan di Kabupaten Pasuruan. Di antaranya Kecamatan Gempol; Desa Kalirejo, Desa Tambakan, Desa Kalianyar Desa Manarui Desa Masangan di Kecamatan Bangil; Desa Kedungringin, Desa Kedungboto di Kecamatan Beji; dan Desa Tambakrejo Kecamatan Kraton dengan rata-rata Ketinggian air mencapai 20-30 cm.

Banjir yang disinyalir terjadi akibat meluapnya Sungai Kedunglarangan dan Sungai Kabeng Pulungan ini telah mengakibatkan 2 orang meninggal dunia, 6 rumah hanyut, 40 jiwa mengungsi, serta 8 rumah mengalami rusak berat dan 31 rumah rusak ringan.

Gubernur menyiapkan skema relokasi sementara warga sekitar agar memperoleh hunian sementara dan rekonstruksi untuk menyambungkan kembali jembatan yang putus di Dusun Ngerong Desa Ngerong Kecamatan Gempol.

"Setiap ada bencana alam, ada proses tanggap darurat, ada proses recovery, ada proses rekonstruksi," kata Gubernur seusai meninjau daerah terdampak banjir di Kabupaten Pasuruan, Jumat (5/2) pagi.

Menurut dia, proses rekonstruksi sangat dibutuhkan untuk dapat menghubungkan kembali jembatan yang putus. Jembatan tersebut merupakan akses yang menghubungkan Dusun Ngerong dan dusun Payaman di Desa Ngerong.

"Sesungguhnya pemerintah sedang menyiapkan format untuk anggaran-anggaran yang terkait dengan infrastruktur dengan format skema SMI. Tetapi tanggul, jembatan, dan sedimentasi sungai banyak yang harus diperbaiki sehingga Pemprov harus menyiapkan skala priotas dari yang prioritas," ungkapnya.

Lihat juga video 'Pasutri Terseret Longsor di Wilayah Gunung Bromo: Suami Selamat, Istri Meninggal':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO