PJB Hadirkan Aplikasi Pendeteksi Kebakaran di Unit Pembangkit

PJB Hadirkan Aplikasi Pendeteksi Kebakaran di Unit Pembangkit Suasana peluncuran aplikasi yang dilakukan secara virtual. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menutup penyelenggaraan Bulan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) Nasional, PT meresmikan aplikasi fire risk assessment berbasis web yang bernama FIRST.

Aplikasi itu didedikasikan untuk membantu personel yang ditunjuk dalam melakukan asesmen keselamatan kebakaran di pembangkit listrik yang meliputi kegiatan pengumpulan data, analisis, serta pelaporan. Peluncuran aplikasi tersebut dilakukan saat penutupan rangkaian kegiatan secara virtual.

Direktur Operasi 1 PT Sugiyanto mengatakan, FIRST juga menyajikan informasi yang terstruktur dan menyeluruh untuk pengampu pengambil kebijakan aset serta top manajemen dalam wujud dashboard yang interaktif dan real time.

Hadirnya aplikasi ini karena belum memiliki form outlining/monitoring system untuk memantau kondisi fire safety di setiap unit pembangkit dan tidak ada alat/software yang dapat memantau kesesuaian fire safety yang terpasang di unit pembangkit. "Dengan adanya aplikasi sistem tata kelola risiko kebakaran yang andal, tingkat risiko dapat termonitor, sehingga dapat meminimalisir risiko kebakaran," katanya, Jumat (19/2/2021).

“Sistem dan standar K3 yang bagus sekalipun tanpa didasari disiplin eksekusi maka tidak akan efektif untuk pencegahan terjadinya kecelakaan kerja. Alhamdulillah, transformasi K3 di PT Pembangkitan Jawa Bali bisa terjadi karena seluruh bidang dan para leader bersinergi dalam format safety leadership,” imbuhnya.

Selain menghadirkan aplikasi FIRST, sebelumnya juga menggelar beberapa lomba. Di antaranya, Lomba Emergency Response Preparedness, penjuriannya pada 3-5 Februari 2021. Lomba Tata Graha 5S, pada 18-29 Januari 2021. Apresiasi Implementasi Izat, pada 1 Desember 2020-11 Februari 2021. Lomba Video Kreatif, pada 4-11 Februari 2021. Lomba Safety Creative Paper, pada 4-11 Februari 2021. Lomba Safety Quiz, pada 11 Februari 2021.

"Seluruh kegiatan lomba 2021 di atas dilakukan dengan metode daring atau virtual karena kondisi pandemi Covid-19 masih berlanjut serta untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan PT Pembangkitan Jawa Bali dan anak perusahaannya," pungkasnya. (diy/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO