Minggu, 28 Februari 2021 17:16

​Jelang Konfercab Ansor Surabaya, Abdul Holil Siap Lahir Batin Tantang Faridz Afif

Selasa, 23 Februari 2021 18:32 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
​Jelang Konfercab Ansor Surabaya, Abdul Holil Siap Lahir Batin Tantang Faridz Afif
Abdul Holil, S.Hum., M.I.Kom, Sekretaris GP Ansor Kota Surabaya saat bersama Tri Rismaharini. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Konferensi Cabang (Konfercab) GP Ansor Surabaya yang akan digelar pada Minggu (28/2/2021) diprediksi berlangsung dinamis. Kondisi itu terjadi setelah Abdul Holil menyatakan siap lahir batin menantang incumbent Faridz Afif.

Majunya Holil ini di luar dugaan banyak pihak. Sebab, Holil adalah Sekretaris GP Ansor Surabaya yang dikenal sebagai tangan kanan Faridz Afif, Ketua GP Ansor Surabaya periode 2017-2021 yang kembali mencalonkan diri sebagai ketua untuk 4 tahun ke depan.

"Bismillah, di tempat bersejarah ini, saya bulatkan tekad maju sebagai calon ketua. Ini ikhtiar saya untuk menjadikan Ansor yang profesional dan santun. Saya calon asli, bukan calon bayangan," tegas Holil saat ditemui di Kantor PCNU Kota Surabaya, Selasa (23/2/2021).

Alumnus UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya ini mengungkapkan, pentingnya harmonisasi antar kader secara aturan dan kultural. Iklim itu akan ia ciptakan bila terpilih sebagai Ketua Ansor Surabaya.

Lebih lanjut Holil membeberkan, secara prinsip Ansor adalah anak dari NU. Karena itu, pihaknya akan tetap mendengarkan dan mengikuti arahan para kiai sebagaimana budaya NU. Prinsip itu yang membuat dirinya mantap mencalonkan diri sebagai Ketua Ansor Surabaya.

"Jadi kami berangkat dari Kantor PCNU dengan niat bahwa doa para masyayikh akan turut serta dan kami akan kembalikan ke tempat sakral ini," ujar Holil.

Terpisah, Ketua Majelis Dzikir dan Salawat (MDS) Rijalul Ansor Surabaya, Muhammad Mundir menyatakan mendukung pencalonan Abdul Holil. Ia yang sudah berniat maju dan sudah mengambil formulir pendaftaran sebagai calon ketua akan mengalihkan dukungan ke Holil.

Keluarga Pesantren Nurul Huda, Sencaki, Surabaya ini memberikan alasan mendukung Abdul Holil. Di antaranya, Holil adalah sosok yang paham betul kondisi Surabaya dan mengakar di Ansor. Secara organisasi, khidmahnya pada Ansor Surabaya juga sudah teruji. Selain itu juga sangat tawadhu pada kiai.

"Beliau (Holil) senior saya. Sebagai junior, saya diajarkan sopan santun dan menghormati para senior. Selain itu, banyak kader yang menghendaki beliau memimpin Ansor Surabaya. Karena itu, dengan mempertimbangkan aspirasi yang berkembang, saya memilih mundur sebagai kandidat ketua dan mengalihkan dukungan kepada sahabat Abdul Holil," pungkas Mundir. (mdr/ian)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 28 Februari 2021 10:23 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE com - Rakyat Indonesia sudah lama menunggu karya anak bangsa. Dalam segala bidang. Termasuk vaksin. Agar tak selalu tergantung pada bangsa lain.Nah,  saat semua negara panik karena pandemi Covid-19, lahir vaksin nusantara,...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 27 Februari 2021 11:53 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...