Rabu, 21 April 2021 06:30

​Wali Kota Eri Minta Kepala OPD Tingkatkan Kreasi dan Kinerja

Selasa, 02 Maret 2021 21:05 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yudi Arianto
​Wali Kota Eri Minta Kepala OPD Tingkatkan Kreasi dan Kinerja
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi didampingi Wawali Armudji saat menggelar rapat dengan jajaran kepala OPD di ruang sidang Wali Kota Surabaya, Selasa (2/3/2021). (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menggelar rapat dengan jajaran kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya di ruang sidang Wali Kota Surabaya, Selasa (2/3/2021).

Dalam pertemuan tersebut, Wali Kota Eri memberikan pengarahan dan motivasi untuk meningkatkan kreasi dan kinerja di masing-masing OPD.

Awalnya, Eri menyampaikan jajaran di lingkungan pemkot sudah menjadi bagian dari keluarga besar sejak dirinya masih sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara). Selain itu, dia menegaskan tidak ada yang berubah dari rasa persaudaraan dan persahabatan itu, tetap sama saja.

“Kita diskusi saja yang paling nyaman seperti apa. Saya harap persahabatan dan persaudaraan tetap tidak ada yang berubah,” kata Eri.

BACA JUGA : 

​Seleksi Dewan Pengawas PDAM Terus Berlanjut, 22 Peserta Lolos Administrasi

Mendag Kunjungi Pasar Wonokromo, Puji Harga Sembako di Surabaya Paling Stabil

Agar Jembatan Joyoboyo Segera Diresmikan, Pemkot Surabaya Keluarkan Perwali

Dukung Simulasi Sekolah Tatap Muka, Kapolrestabes Surabaya Jadi Pemateri di SMPN 1

Dia berpesan kepada seluruh ASN agar bekerja menggunakan hati nurani serta rasa tanggung jawab sepenuh hati untuk membantu masyarakat luas. Semua itu dimulai dari kepala OPD hingga tingkat kecamatan maupun kelurahan. Dia juga meminta agar semua OPD memberikan pelayanan yang terbaik untuk warga dan melakukan pendekatan dengan hati nurani.

“Kita lakukan pendekatan dengan hati nurani bukan arogansi. Kepala dinas itu dipilih karena Njenengan (Anda) punya kemampuan. Anda dipilih karena memiliki kemampuan,” jelasnya.

Tidak hanya itu, orang nomor satu di Kota Pahlawan ini juga meminta para kepala OPD untuk lebih berkreasi lagi dalam bekerja. Menurutnya, kreasi dalam bekerja itu menjadi teramat penting dilakukan agar dapat terus melayani masyarakat dengan inovasi yang semakin baik setiap harinya.

Bahkan berulang kali dia mengatakan berkreasi wajib hukumnya bagi tiap OPD. “Berkreasilah. Semakin Njenengan kreasi, itu semakin bagus. Silakan,” ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Eri menegaskan bahwa seorang pemimpin itu harus berani mengambil keputusan dengan tegas. Apalagi saat warganya mengalami kendala atau masalah. Maka, pemimpin wajib untuk turun dan mencari solusi atas permasalahan itu.

“Jangan takut mengambil keputusan. Lakukan yang terbaik untuk warga. Jangan berhenti ketika ada masalah yang pasti pejabat itu adalah orang yang solutif,” urainya.

Terakhir dia berpesan, seorang pemimpin baik itu di OPD maupun kecamatan dan kelurahan harus mengerti betul kondisi warganya. Oleh sebab itu, dia tak henti-henti menekankan agar para pemimpin tidak hanya berada di balik meja saja, tetapi harus turun bersama melihat kondisi yang ada.

“Tolong temui mereka yang membutuhkan. Bapak-ibu harus mengerti wilayahnya, karena beda kecamatan beda warga, otomatis kebutuhan dan perhatiannya juga berbeda pula,” pungkasnya. (ian/zar)

​Adu Hebat Tiga Presiden, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (9)
Selasa, 20 April 2021 23:55 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Gus Dur mengajak jalan-jalan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Presiden Prancis Jacques Shirac. Mereka pun naik pesawat terbang. Sambil ngobrol santai, mereka saling mengunggulkan negaranya masing-ma...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Rabu, 21 April 2021 06:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Mengerikan. Mobil mewah Tesla terbakar. Yang menjadi mistri, tak ditemukan mayat di kursi kemudi. Mayat hanya ditemukan di kursi samping dan jok belakang.Apa sistem autopilot yang jadi kebanggaan Tesla tidak berfungs...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...