Rabu, 16 Juni 2021 14:28

Kunjungi UMKM Lamongan, Khofifah Berikan Solusi Perluasan Pemasaran

Sabtu, 06 Maret 2021 17:39 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Kunjungi UMKM Lamongan, Khofifah Berikan Solusi Perluasan Pemasaran
Gubernur Khofifah didampingi Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat melihat produk UMKM Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Usai menghadiri Serah Terima Jabatan Bupati Lamongan, Gubernur Khofifah mengunjungi salah satu UMKM kerajinan tangan yang berada di Jalan Sunan Kalijaga Lamongan, yakni R n D Handycraft, Sabtu (6/3).

Dalam kunjungannya tersebut, Khofifah memberikan solusi-solusi terhadap produktivitas UMKM agar tetap berjalan di tengah pandemi. Di antaranya melalui UMKM Virtual Expo inisiasi Bank Indonesia. Lewat ajang itu, pelaku UMKM dapat mengakses lebih luas dan lebih produktif, sehingga mampu memberikan peningkatan pendapatan di tengah pandemi Covid -9.

“Saya sarankan para pelaku UMKM untuk mengikuti pameran ini. Dalam satu tahun bisa dua kali. Setelah ini bisa diidentifikasi apa saja produk-produk Lamongan yang bisa diikutkan,” ujar Khofifah.

UMKM Virtual Expo merupakan terobosan baru dalam membangun akses pasar bagi seluruh produk UMKM dari Jatim ke pasar luar negeri. Pasar UMKM menurut Khofifah akan terbantu dengan membuka pintu dan ruang baru dalam memasarkan hasil produksinya.

BACA JUGA : 

Di Jatim ada 22.834 Koperasi Aktif dan 9,78 Juta UMKM, Khofifah Minta Diberi Akses dan Dipercepat

Kunjungi Pasar Sidoharjo Lamongan, Wamendag Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19 di Jatim, Forkopimda Gelar Rapat Koordinasi bersama BNPB

Pasca Muncul Klaster Hajatan, Satgas Covid-19 Pemkab Lamongan Perketat Penyekatan di Desa Sidodowo

"Pak Bupati mengutus siapa begitu, perwakilan ke sana untuk nantinya produk-produk UMKM ini bisa ikut pameran BI. Bisa sampai luar negeri. Nanti BI yang akan mencarikan pasarnya," tutur Khofifah.

Lebih lanjut diterangkan olehnya, bahwa selama ini UMKM tidak mengetahui jalan menuju pasar global. Oleh karenanya peran BI daerah Provinsi Jatim melalui UMKM Virtual Expo bisa membangun akses diaspora Indonesia di luar negeri.

“Semua produk, seperti suvenir dari daerah agar dapat dikembangkan lewat BI. Nanti BI yang akan mecarikan sendiri ke arah mana barang itu akan dipasarkan,” imbuhnya.

Menanggapi arahan Gubernur Khofifah terkait peningkatan UMKM, Bupati Yuhronur menyatakan siap menindaklanjutinya. Yuhronur menjelaskan, bahwa nilai ekspor di Kabupaten Lamongan dari industri kecil tahun 2020 mencapai Rp 43,742 miliar, dari 9 unit industri kecil di antaranya, pupuk, snack, sarung tenun ikat, anyaman bambu, konveksi, lobster dan kerapu, arang, dan olahan jagung. Nilai tersebut menurun dibandingkan tahun 2019 yang mencapai Rp 55,721 miliar.

"Penurunan nilai ekspor tahun 2020 dikarenakan pandemi Covid-19. Karenanya tahun 2021 kami berusaha untuk membangkitkan kembali UMKM di Kabupaten Lamongan melalui gerakan "Ayo Beli Produk Lamongan" yang telah kami launching beberapa waktu yang lalu," pungkas Yuhronur. (qom/rev) 

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Rabu, 16 Juni 2021 08:42 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Laksamana Sukardi, mantan politikus PDIP, menulis buku. Baru terbit. Ia menceritakan perisitiwa pemecatan dirinya sebagai Menteri BUMN. Yang hanya menjabat 6 bulan. Ia dipecat Presiden Gus Dur. Karena ada lapora...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...