Sabtu, 15 Mei 2021 17:50

Sorot Kepala SMPN 1 Lenteng yang Sering Tak Masuk Kerja, Pemerhati Pendidikan: Disdik Harus Bersikap

Rabu, 17 Maret 2021 19:50 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Sahlan
Sorot Kepala SMPN 1 Lenteng yang Sering Tak Masuk Kerja, Pemerhati Pendidikan: Disdik Harus Bersikap
Majaprastra, Pengamat Pendidikan Sumenep.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Gonjang-ganjing Kepala SMP Negeri 1 Lenteng Sumenep yang diduga sering meninggalkan tugas pokoknya sebagai guru dengan tak masuk kerja, terus menuai sorotan. Setelah Komisi D DPRD Sumenep, kali ini pemerhati pendidikan di Sumenep, Majaprastra, ikut angkat bicara.

“Saya menyesalkan kepada seorang pendidik yang selalu mininggalkan tugas pokoknya, karena tidak sesuai dengan pengertian (pendidikan) yang ada di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yaitu, proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik,” ungkapnya kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (17/03/21).

Menurut Majaprastra, apa yang ditunjukkan Kepala SMPN 1 Lenteng merupakan bukti ketidakprofesionalan yang bersangkutan dalam bekerja sebagai guru. Hal itu, kata dia, berpotensi ditiru oleh guru-guru yang lain.

“Itu adalah bukti tidak ketidakprofesionalan seorang guru, saat mengajar meninggalkan anak didiknya dan dewan guru lainnya. Ironisnya ditinggal berbisnis. Mestinya dia mengajar muridnya dengan benar, karena dia adalah orang guru dan yang kedua dia juga sebagai representasi sebagai orang tua. Mana mungkin ada ortu yang meninggalkan kesan yang kurang baik pada anak-anaknay,” katanya.

BACA JUGA : 

Dharma Wanita Sumenep Bagikan Ratusan Paket Sembako ke Masyarakat Kurang Mampu

LTMNU Sumenep Bertekad Jadikan Masjid dan Mushala Sebagai Pusat Pemberdayaan Masyarakat

Pemdes Pandian Sumenep Serahkan BLT Tahap II ke 120 Penerima

PSB, DPRD Sumenep Minta Sekolah Transparan Sampaikan Rincian Biaya ke Wali Murid

Menyikapi hal ini, ia berharap Dinas Pendidikan Sumenep segera mengambil sikap dan langkah kepada Kepala SMPN 1 Lenteng, agar sikap tidak terpuji itu tidak menular pada guru-guru yang lainnya.

"Tabiat guru seperti ini adalah tabiat yang harus diamputasi agar tidak menular kepada yang lainnya," tegasnya.

Apalagi, masih kata Majaprastra, Kepala SMPN 1 Lenteng notabene adalah Aparatur Sipil Negara (ASN). "Sehingga apabila meninggalkan atau tidak masuk berturut-turut sebagaimana yang telah diatur pada PP3, inspektorat juga harus tangan untuk memproses dugaan pelanggaran tersebut," pungkasnya.

Sementara Sekretaris Dewan Pendidikan Sumenep, Suhaidi saat dikonfirmasi menyatakan keyakinannya jika dinas pendidikan akan segera menindaklanjuti kinerja Kepala SMPN 1 Lenteng. "Insyaallah disdik akan bertindak setelah ada berita seperti ini," terangnya.

Sebelumya, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Sumenep Moh. Iksan berjanji akan memanggil Kepala SMP Negeri 1 Lenteng. "Ya, akan saya panggil," singkatnya. (aln/rev)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 15 Mei 2021 09:10 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kerusuhan 13 Mei 1998 terus diperingati oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Korban aksi anarkis itu sebagian memang etnis Tionghoa.Uniknya, mereka memperingati dengan menyajikan rujak pare dan sambal jombrang. Apa...
Kamis, 13 Mei 2021 19:51 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...