Minggu, 09 Mei 2021 09:21

Kiai Asep-Gus Barra Bantu 2 Truk Beras-Mie-Sarung-Uang, Lurah Ini Ngaku Pendukung Berat Khofifah

Jumat, 16 April 2021 10:58 WIB
Editor: mma
Kiai Asep-Gus Barra Bantu 2 Truk Beras-Mie-Sarung-Uang, Lurah Ini Ngaku Pendukung Berat Khofifah
Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim dan putranya, Muhammad Al-Barra (Gus Barra) saat membagikan bantuan berupa beras, mie, sarung, dan uang kepada para korban bencana di Sumer Tangkil Malang, Kamis (15/2/2021) sore. foto: mma/ bangsaonline.com

MALANG, BANGSAONLINE.com – Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim dan putranya, Muhammad Al-Barra (Gus Barra) turun membantu korban gempa bumi yang menimpa masyarakat Kabupaten Malang dan beberapa kabupaten lain di Jawa Timur. Rombongan Kiai Asep dan Gus Barra itu membawa dua truk berisi beras dan mie instan untuk korban bencana. Setiap keluarga mendapat 5 Kg beras, satu dos mie, plus sarung dan uang Rp 100.000.

“Bantuan ini untuk 1.200 KK,” kata Kiai Asep kepada BANGSAONLINE.com saat tiba di Desa Sumber Tangkil, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Kamis (15/4/2021).

Di lokasi tersebut, para pengurus Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Jawa Timur dan Kabupaten Malang telah standby. Mereka mendirikan posko kemanusiaan korban gempa.

“Usahakan semua dapat. Jangan sampai ada yang tidak dapat. Kalau kurang nanti pengurus Pergunu langsung mengambil lagi ke Pacet atau Surabaya,” kata Kiai Asep saat memberikan sambutan di depan warga terdampak gempa bumi. Saat itu Ketua PW Pegunu Sururi menjawab siap.

BACA JUGA : 

Kiai Asep Bagikan 600 Bingkisan pada anggota TNI se-Kabupaten Mojokerto

Tuntas, ASC Foundation Bagi-Bagi Takjil Selama Ramadhan di 21 Kecamatan

Peduli Terhadap Dunia Pendidikan, Kiai Asep Dianugerahi Penghargaan Tokoh Pendidikan Islam Kultural

Silaturahim, Pengasuh Pesantren Lirboyo Kediri dan Amanatul Umah Mojokerto Saling Rendah Hati

Kiai Asep dan Gus Barra turun ke lokasi korban bencana dalam kapasitas sebagai penasihat dan Direktur Asep Saifuddin Chalim (ASC) Foundation yang punya misi “hanya memberi untuk berbagi” tapi tidak mau menerima bantuan dari siapa pun.

Daerah terdampak gempa yang pertama dikunjungi adalah Desa Sumber Tangkil, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Di desa ini Kiai Asep dan Gus Barra disambut oleh Lurah setempat yaitu Ari Joko Suyono.

Yang menarik, Pak Lurah Ari tiba-tiba menyatakan, “Saya juga warga NU dan pendukung berat Bu Khofifah.” Ia mengaku senang dan bangga Kiai Asep bisa datang dan memberi bantuan karena bantuan dari NU belum menjangkau ke desa ini.

Pernyataan Pak Lurah Ari itu disampaikan di depan warganya yang saat itu mengerubungi Kiai Asep dan Gus Barra di kawasan lokasi bencana.

Kiai Asep tampak sumringah. Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto itu langsung menimpali. “O nggih sae alhamdulillah. Sampean terus dukung nggih Bu Khofifah. Semoga Bu Khofifah jadi presiden,” kata Kiai Asep yang disambut amin.

(Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim dan Lurah Sumber Tangkil Aji Joko Suyono (kiri) saat membagikan uang kepada warga terdampak gempa bumi di Sumber Tangkil Malang. foto: mma/ bangsaonline.com).

Sebelumnya, saat memberi sambutan, Kiai Asep memang minta agar warga Sumber Tangkil terus mendoakan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa agar bisa melaksanakan tugasnya dengan baik sehingga Jawa Timur maju, adil, dan makmur. Sebab, kata Kiai Asep, Bu Khofifah sangat peduli, termasuk terhadap korban bencana di Malang, Lumajang, Tulungagung, Blitar, dan daerah lain.

Tampaknya pernyataan Kiai Asep itu terus berputar dalam pikiran Pak Lurah Ari, sehingga ia kemudian terang-terangan di depan warganya menyebut dirinya sebagai pendukung berat Bu Khofifah.

Usai memberikan bantuan, Kiai Asep kembali ke Surabaya karena pada pukul 20.30 WIB Kiai Asep mengundang para kiai untuk istighatsah dan doa bersama untuk keselamatan bangsa di kediaman salah satu putrinya, Ning Imah, di kawasan Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Jalan Siwalankerto Utara Surabaya.

Sementara Gus Barra terus mengunjungi beberapa titik lagi lokasi korban gempa bersama tim ASC Foundation dan para pengurus Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Jawa Timur dan Kabupaten Malang. Tampak Ketua PW Pergunu Jatim Sururi dan Ketua PC Pergunu Malang. Sementara dari ASC Foudantion tampak Muhammad Santoso yang juga anggota DRRD Kabupaten Mojokerto.

Gus Barra turun ke warga korban bencana di Malang memang bukan dalam kapasitas sebagai Wakil Bupati Mojokerto, melainkan sebagai Direktur ASC Foundation.

“Jadi bantuan ini bukan dari Pemkab Mojokerto, tapi dari ASC Foundation yang dananya, maaf, dari saya pribadi,” kata Kiai Asep.

Tim Gus Barra dan Pergunu sampai larut malam di lokasi bencana. Karena mereka memang masih mengunjungi beberapa titik lokasi. Bahkan para pengurus Pergunu melakukan buka bersama selama tiga hari bersama para korban gempat di lokasi bencana di Malang. (mma)

Bernuansa Menara Kudus, Mushola An-Nabaat Diresmikan Wabup Nganjuk
Minggu, 09 Mei 2021 00:50 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Cita Indonesia Group, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, pertanian, dan peternakan, meresmikan Mushola An-Nabaat yang berlokasi di Desa Batembat Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk. Peresmian mushola ini dil...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 08 Mei 2021 09:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Genre baru persuratkabaran dimulai dari Singapura. Koran terkemuka di negeri singa itu mengubah diri menjadi not for profit. Perubahan drastis ini dilakukan setelah mengalami kemerosotan yang terus terjadi.Tapi apa beda...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...