Kamis, 17 Juni 2021 15:48

Segera Dibangun, RS Gresik Selatan Berpeluang Didirikan di Desa Tanjung Kedamean

Rabu, 12 Mei 2021 11:49 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Segera Dibangun, RS Gresik Selatan Berpeluang Didirikan di Desa Tanjung Kedamean
Plt. Asisten I Tursilowanto Harijogi menunjukkan lahan calon lokasi pembangunan RS di Gresik selatan. (foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Fandi Achmad Yani (Gus Yani) dan Wabup Gresik Aminatun Habibah (Bu Min) segera membangun rumah sakit (RS) di wilayah Gresik selatan. Pembangunan fasilitas layanan kesehatan ini sebagai wujud janji politik Bupati Gus Yani dan Wabup Bu Min saat kampanye Pilkada Gresik 2020.

Saat ini, Pemkab Gresik sedang mencari lahan untuk lokasi pembangunan RS. Salah satu calon lokasi pembangunan RS adalah di Desa Tanjung, Kecamatan Kedamean. Pertimbangan utama menempatkan RS di Desa Tanjung karena lokasinya strategis, berada di tengah-tengah wilayah Gresik selatan, antara Kecamatan Kedamean, Menganti, Driyorejo, Wringinanom, Balongpanggang, dan Benjeng.

Plt. Asisten I Sekda Gresik Tursilowanto Harijogi mengatakan, dari sekian calon lokasi pendirian RS Gresik selatan yang telah disurvei, lahan di Desa Tanjung mendapat skor tertinggi, yakni 7.

Dikatakan Tursilowanto, di Desa Tanjung ada tanah negara (TN) seluas 1,7 hektare berupa waduk desa yang tak dimanfaatkan dan kondisinya saat ini dangkal. Pemkab Gresik tengah mengajukan permohonan ke Kementerian PUPR untuk pemanfaatan lahan waduk tersebut untuk rencana pembangunan RS.

BACA JUGA : 

Soroti Silpa Rp 305 M da​n Rp 18 M Kelurahan Tak Terserap, Ini PU DPRD Gresik pada LPjP APBD 2020

Kedatangan Tamu dari Bangkalan, 12 Warga Gedangkulut Positif Covid-19, Ini Langkah Pemkab Gresik

Sehari, Bupati Gus Yani Launching 4 Program Sekaligus

Jadi Penyintas Covid-19, Bupati Gus Yani Lakukan Donor Plasma Konvalesen

"Jadi, pemkab sekarang mengajukan ke Kementerian PUPR untuk izin pemanfaatan waduk dan sempadan waduk," kata Tursilowanto kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (12/5/2021).

Menurut Tursilowanto, selain di Desa Tanjung, juga ada 4 lahan calon lokasi pembangunan RS yang saat ini tengah dikaji oleh tim Pemkab Gresik. Yakni di Perumahan Driyorejo dengan luas 2 hektare, lahan ini memiliki skor 5. Lalu, di Puskesmas Driyorejo dengan luas lahan 4,072 hektare dengan skor 7.

"Kemudian, lahan di Perumnas Driyorejo dengan luas 14 hektare dengan skor 6, dan terakhir lahan di Perumahan Bambe Driyorejo dengan luas 5,639 hektare dengan skor 4," pungkasnya. (hud/zar)

Soal Anggaran Menhan untuk Alutsista Rp 1.700 Triliun, Ini Komentar Kiai Asep
Kamis, 17 Juni 2021 00:22 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Heboh anggaran untuk membeli Alutsista sebesar Rp 1.700 Triliun membuat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terus mendapat sorotan publik. Padahal, menurut Prabowo, master plan atau grand design itu permintaan ...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Kamis, 17 Juni 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Di Indonesia, terutama di Bangkalan dan Kudus, Covid-19 mengganas. Ratusan orang meninggal dunia.Tapi di belahan dunia lain Covid-19 justru lenyap. Inilah yang terjadi di California. Warganya pun berpesta. Pesta merd...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...