Senin, 14 Juni 2021 08:38

Sebut Mahfud MD, Kiai Asep Ingatkan Jokowi tentang Menterinya yang Baik dan Tidak Baik

Minggu, 16 Mei 2021 13:03 WIB
Editor: mma
Sebut Mahfud MD, Kiai Asep Ingatkan Jokowi tentang Menterinya yang Baik dan Tidak Baik
Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A. saat menyambut kunjungan Presiden Joko Widodo di Pondok Pesantren Amanatul Ummah. foto: ist.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com – Pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto, Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A., menegaskan bahwa setiap pemimpin selalu dikelilingi dua jenis bithonah (pembantu). Yaitu pembantu yang baik dan pembantu yang tidak baik.

“Itu Hadits Nabi. Tidak ada seorang nabi dan seorang pemimpin, khalifah, kecuali mempunyai dua macam bithonah. Bithonah itu pembantu. Menteri atau OPD-lah,” kata Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim kepada BANGSAONLINE.com, Ahad (16/5/2021).

Pembantu yang baik, kata Kiai Asep, adalah pembantu yang selalu mengarahkan pemimpinnya pada kebaikan. Ia bahkan berani mengingatkan jika pemimpin yang ia dampingi melakukan kesalahan.

Sedangkan pembantu yang tidak baik, kata Kiai Asep, selalu mengarahkan pada ketidakbaikan. “Misalnya Pak Jokowi menyebut Jipang. Ini pembantu yang tidak baik,” kata Kiai Asep yang memiliki 12.000 santri.

BACA JUGA : 

​Bangun Rumah Janda Mojokerto yang Terbakar, Kiai Asep: Kita Harus Malu pada Ibu Gubernur Khofifah

Di Depan 200 Ulama, Kiai Asep Buka Rahasia Sukses Bisnis di Pesantren

TGB Zainul Majdi Minta Gus Bara Jadi Ketua Alumni Al-Azhar Jatim

Silaturahim ke Kiai Asep, TGB Zainul Majdi Terkesan Kerja Ekonomi Umat Amanatul Ummah

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) itu menegaskan, seharusnya pidato Presiden dikoreksi secara ketat oleh para pembantunya.

“Seharusnya pidato itu dipersiapkan secara baik dan dikoreksi secara ketat agar tak menimbulkan kehebohan,” kata Kiai Asep yang kini gencar mendirikan 17.000 Pengurus Anak Cabang (tingkat kecamatan) Pergunu di seluruh Indoensia.

Karena itu kiai miliarder tapi dermawan itu mengingatkan Presiden Jokowi agar selalu waspada dan hati-hati terhadap para pembantunya. 

“Kalau Pak Mahfud MD (Menkopolhukam-Red) pembantu yang baik,” tegas Kiai Asep yang saat pilpres aktif berkampanye memenangkan Jokowi-Kiai Ma’ruf Amin hingga Hongkong, Malaysia, dan Taiwan dengan biaya pribadi, di samping di pulau Jawa dan luar Jawa.

Menurut Kiai Asep, peringatan ini bukan hanya untuk Presiden Jokowi, tapi juga para gubernur dan bupati seluruh Indonesia. "Termasuk Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Mojokerto Ibu Ikfina agar terus hati-hati terhadap OPD-nya," kata Kiai Asep yang putra KH Abdul Chalim, salah satu kiai pendiri NU. 

Pernyataan Kiai Asep itu disampaikan merespons pidato Presiden Jokowi yang mempromosikan babi panggang (bipang) Ambarawang Kalimantan Barat pada suasana Idul Fitri.

Seperti diberitakan, pidato Jokowi itu menimbulkan kehebohan di media sosial karena Jokowi dianggap mempromosikan makanan yang diharamkan Islam dalam suasana Idul Fitri. Rekaman video itu diunggah akun youtube Kementerian Perdagangan pada 5 Mei 2021 berjudul: 05.05 hari bangga Buatan Indonesia.

Pidato Jokowi itu kian heboh ketika Staf Khusus Bidang Komunikasi Presiden Fadjroel Rachman menulis di akun twitternya:

“Ini BIPANG atau JIPANG dari beras. Makanan kesukaan saya sejak kecil hingga sekarang. BIPANG atau JIPANG dari beras ini memang makanan hit sampai sekarang ya. Nuhun,” cuit Fadjroel Rachman. (mma)

Khilafah Proyek Politik Inggris? Ini Alasan Hizbut Tahrir Bolehkan Cium Cewek Bukan Muhrim
Minggu, 13 Juni 2021 14:58 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Prof. Dr. K.H. Imam Ghazali Said, M.A. mengungkapkan bahwa upaya menghidupkan sistem pemerintahan khilafah adalah fatamorgana. Tapi Hizbut Tahrir ngotot mau mendirikan khilafah. “Khilafah yang sudah ambruk mau...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Senin, 14 Juni 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Membentak dan memarahi ternyata tak selalu jelek. Kadang justru bisa mengubah sejarah. Atau mencipta sejarah.Inilah yang terjadi antara Chairul Saleh dan Mochtar Kusumaatmadja. Saat perjuangan kemerdekaan RI. Ta...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...