Senin, 14 Juni 2021 09:35

Buruan Daftar, Antrean Calon Jamaah Haji di Tuban Sudah Mencapai 31 Tahun

Minggu, 16 Mei 2021 21:43 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Buruan Daftar, Antrean Calon Jamaah Haji di Tuban Sudah Mencapai 31 Tahun
Umi Khulsum, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kabupaten Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Ibadah haji menjadi kewajiban bagi seorang muslim yang sudah mampu secara ekonomi. Namun demikian, masyarakat harus bersabar untuk bisa menunaikan rukun Islam kelima tersebut, meski sudah mampu.

Pasalnya, masa tunggu atau antrean keberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) sudah mencapai puluhan tahun. Di Tuban misalnya, antrean keberangkatan CJH mencapai 31 tahun lebih.

Hal ini dibenarkan Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kabupaten Tuban, Umi Khulsum, saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Minggu (16/5/2021).

"Antrean keberangkatan haji di Kabupaten Tuban sekitar 31 sampai 32 tahun," ujarnya.

BACA JUGA : 

Tabrakan Maut di Jalur Pantura Tuban, Sopir Minibus Tewas, Sopir Truk Kritis

Potensi Jadi Tempat Penularan, Satgas Covid-19 Tuban Gencar Sosialisasi Prokes di Pasar Tradisional

Rumah Warga di Tuban Terbakar, Uang Rp 15 Juta Ikut Hangus

Terjatuh, Pekerja Tambang di Tuban Tewas

Dirinya mengungkapkan, panjangnya antrean CJH itu tidak terlepas dari banyaknya masyarakat yang mendaftar haji tiap tahunnya. Ditambah, keputusan pemerintah Arab Saudi yang meniadakan ibadah Haji di masa pandemi Covid-19 juga berdampak semakin panjangnya antrean keberangkatan CJH.

"Kalau tahun ini kembali tidak berangkat, secara otomatis akan menambah masa tunggu jemaah haji lebih lama lagi," katanya.

Pihaknya mencatat sekitar 5 ribu lebih masyarakat Tuban mendaftarkan diri menjadi CJH setiap tahunnya. Bahkan meski di masa pandemi, warga yang mendaftar tetap banyak meski trennya menurun. Sedangkan kuota keberangkatan hanya sekitar 1.000 orang setiap tahun. Tentu tak sebanding dengan jumlah masyarakat yang mendaftar.

"Berdasarkan waiting list (antrean) Kabupaten Tuban sampai akhir tahun lalu sebanyak 37 ribu lebih CJH," jelas Umi.

Adapun selama tahun 2021 ini, pendaftar haji reguler sebanyak 935 orang dengan rincian: Pendaftar bulan Januari sebanyak 250 orang, bulan Februari sebanyak 211 orang, bulan Maret sebanyak 226 orang, bulan April sebanyak 198 orang, dan bulan Mei sebanyak 50 orang.

Adapun untuk persyaratan pendaftaran haji di PLHUT yakni, berkas dari bank (berkas validasi), fotokopi KTP, fotokopi KK, fotokopi rekening, fotokopi surat nikah/akte/ijazah, cek golongan darah, tinggi dan berat badan, foto haji 80 persen tidak boleh pakai kacamata. (gun/rev)

Khilafah Proyek Politik Inggris? Ini Alasan Hizbut Tahrir Bolehkan Cium Cewek Bukan Muhrim
Minggu, 13 Juni 2021 14:58 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Prof. Dr. K.H. Imam Ghazali Said, M.A. mengungkapkan bahwa upaya menghidupkan sistem pemerintahan khilafah adalah fatamorgana. Tapi Hizbut Tahrir ngotot mau mendirikan khilafah. “Khilafah yang sudah ambruk mau...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Senin, 14 Juni 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Membentak dan memarahi ternyata tak selalu jelek. Kadang justru bisa mengubah sejarah. Atau mencipta sejarah.Inilah yang terjadi antara Chairul Saleh dan Mochtar Kusumaatmadja. Saat perjuangan kemerdekaan RI. Ta...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...