Sarasehan Budaya Kota Madiun, Inginkan Pencak Silat Bisa Membumi

Sarasehan Budaya Kota Madiun, Inginkan Pencak Silat Bisa Membumi

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Kegiatan Semarak HUT ke-103 diawali dengan sarasehan budaya yang digelar di Edupark Ngrowo Bening, , Kamis (3/6) malam. Sarasehan tersebut bertujuan membangun branding pendekar menjadi khasanah budaya bangsa.

Acara tersebut dimoderatori Agus Wiyaka, seorang akademisi . Sarasehan tersebut juga menghadirkan empat narasumber yakni Wali H. Maidi, Kapolres Madiun Kota AKBP I Dewa Putu Eka Darmawan, Dandim 0803 Letkol Inf Edwin Charles, serta satu narasumber utama dari Provinsi Jawa Timur.

Wali Kota H. Maidi menuturkan jika memiliki potensi budaya yang luar biasa, salah satunya adalah jutaan pendekar yang juga menjadi slogan kota tersebut. Sebagai seorang pendekar, Maidi meminta agar kritik dan saran yang muncul disampaikan dalam forum terbuka, tidak hanya di belakang.

"Kita tunjukkan pendekar harus disegani, bukan ditakuti. Maka sebelum jadi pendekar saya kira harus melakukan pengabdi kepada masyarakat," ujar Maidi, Kamis (3/6/2021) malam.

Maidi menegaskan, jika pencak silat di memiliki potensi yang luar biasa dalam mendongkrak perekonomian masyarakat. Ia menyarankan sarasehan seperti ini digelar sebulan sekali dengan menggandeng seluruh perguruan pencak silat.

Sementara itu, narasumber utama merupakan Kasubid Seni Budaya Jawa Timur Kurnia Ifinatalia. Ia menuturkan jika memiliki potensi yang luar biasa dalam hal pencak silat. Ia berharap para pendekar mampu bersatu dan menjadi ciri khas sesuai dengan harapan pendekar yang membumi dan santun.

"Budaya pencak silat ini mulai terkikis, saya menyambut baik program dan gagasan dari wali kota dan seluruh narasumber serta masukan-masukan terutama dengan akan diadakanya festival pencak silat Madiun," jelas Kurnia Ifinatalia usai acara berlangsung.

Lihat juga video 'Cari Bibit Atlet dan Tingkatkan Imunitas Warga Surabaya, Merpati Putih Buka Kolat Umum di Mal Sutos':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO