Kamis, 17 Juni 2021 14:27

​Situs Ndalem Pojok, Gelar Peringatan Hari Lahir Pancasila dan Hari Lahir Bung Karno

Sabtu, 05 Juni 2021 22:25 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Muji Harjita
​Situs Ndalem  Pojok, Gelar Peringatan Hari Lahir Pancasila dan Hari Lahir Bung Karno
Lambang Garuda Pancasila saat dikirab bersama kirab hasil bumi. foto: Muji Harjita/ BANGSAONLINE.com

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Situs Ndalem Pojok, rumah masa kecil Bung Karno di Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Sabtu malam (5/6), menggelar peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni dan Hari Lahir Bung Karno 6 Juni secara bersamaan.

Kushartono, Ketua Harian Situs Bung Karno, menjelaskan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila dan Hari Lahir Bung Karno sengaja digelar secara bersamaan, mengingat saat ini masih masa pandemi.

"Dalam acara ini kami menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Setiap peserta wajib cuci tangan, jaga jarak, dan wajib pakai masker. Begitu juga pelaksanaan sengaja dilakukan di malam hari, agar tidak banyak yang menonton yang menimbulkan kerumunan," katanya, Sabtu malam (5/6).

Menurut Kushartono, bagi sebagian orang, Bung Karno erat kaitannya dengan Kediri. Sebab ada satu pernyataan Bung Karno yang mengatakan ia keturunan Kediri.

BACA JUGA : 

Tak Alami Menstruasi, Ani Chasanah Minta PN Kediri Ganti Statusnya Jadi Lelaki Tulen

Penelitian Arkeologi Situs Candi Adan-Adan Tahap ke-5 Temukan Sudut Candi dan Dua Gentong

Awalnya Chairul Saleh Tak Milih Bung Karno sebagai Presiden Pertama, Lalu Siapa

Ditinggal Ayahnya Ambil Tas di Mobil, Bocah Empat Tahun Tewas di Kolam Renang Hotel

“Bapak adalah keturunan Sultan Kediri,” demikian kata Presiden Republik Indonesia pertama itu dalam buku biografinya yang amat terkenal ‘Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia’ karya Cindy Adams.

"Mengingat arti penting Kediri bagi Presiden Soekarno, beberapa relawan dan Pecinta Bung Karno menggelar serangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Lahir Bung Karno, 6 Juni 2021 ini yang dibarengkan dengan Hari Lahir Pancasila," imbuhnya.

Ditambahkan oleh Kushartono, selain kirab Pancasila, para pecinta Bung Karno juga menggelar doa bersama lintas agama, santunan anak yatim, sedekah bumi, mocopat, dan sarasehan kebangsaan dengan tema Kediri, Kembali ke Jati Diri Bangsa Indonesia.

Berdasarkan konsensus nasional, lanjut Kushartono, Jati Diri bangsa Indonesia adalah manunggalnya keimanan dan kemanusiaan, yang bersumber dari sila pertama dan sila kedua Pancasila, serta Pembukaan UUD 1945 alinea ketiga.

"Mari kita gelorakan semangat kembali ke Jati Diri Bangsa Indonesia di Hari Kelahiran Bung Karno Sang Penggali Pancasila yang berdarah Kediri," ajaknya. (uji/rev)

Soal Anggaran Menhan untuk Alutsista Rp 1.700 Triliun, Ini Komentar Kiai Asep
Kamis, 17 Juni 2021 00:22 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Heboh anggaran untuk membeli Alutsista sebesar Rp 1.700 Triliun membuat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terus mendapat sorotan publik. Padahal, menurut Prabowo, master plan atau grand design itu permintaan ...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Kamis, 17 Juni 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Di Indonesia, terutama di Bangkalan dan Kudus, Covid-19 mengganas. Ratusan orang meninggal dunia.Tapi di belahan dunia lain Covid-19 justru lenyap. Inilah yang terjadi di California. Warganya pun berpesta. Pesta merd...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...