Kamis, 29 Juli 2021 06:22

WBP Lapas Pamekasan Masuk Islam, Kalapas: Harus Benar dari Hati, Jangan Modus

Senin, 21 Juni 2021 16:26 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ferdiana Lestari
WBP Lapas Pamekasan Masuk Islam, Kalapas: Harus Benar dari Hati, Jangan Modus
WBP Santos Ardiansyah sedang menandatangani berkas usai proses syahadat di Masjid Baiturrahman Lapas Narkotika Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Salah satu Narapidana Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Madura, Jawa Timur, memutuskan menjadi seorang mualaf.

WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) yang bernama Santos Ardiansyah bin Jumbransyah mendapatkan hidayah dan resmi memeluk agama Islam setelah mengikuti proses pensyahadatan yang dipandu Ustadz Suaidy. WBP tersebut terlihat fasih dalam mengucapkan syahadat, walaupun sedikit terbata-bata.

Proses syahadat dilaksanakan di Masjid Baiturrahman Lapas Narkotika Pamekasan dan disaksikan oleh Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Sohibur Rachman, Kasubsi Bimkeswat Hairul Rasyid serta Staf Register Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan dan seluruh warga binaan muslim.

"Saya bersaksi tiada Tuhan selain Allah dan saya bersaksi Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah," ucap Santos saat dibimbing mengucapkan kalimat syahadat. Kemudian usai prosesi sakral itu, Santos pun mengamini pernyataannya dengan wajah tampak haru dan bahagia.

BACA JUGA : 

Usai Lebaran, Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kembali Geledah Kamar Hunian dan WBP

​Ketika para Mualaf Merasa Lebih Pintar Agama daripada Ulama

20 Narapidana Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Jalani Program Asimilasi Rumah

​101 Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Narkotika Pamekasan Divaksin Tahap Pertama

Hairul Rasyid mengaku turut berbahagia ketika mendengar kabar ada seorang narapidana ingin memeluk agama Islam. "Kita mendukung ketika ada saudara kita non muslim masuk ke agama Islam," tuturnya kepada BANGSAONLINE.com Senin (21/06/2021).

Menurut Hairul Rasyid, WBP tersebut masuk agama Islam berdasarkan hati nuraninya sendiri. Sebelumnya ia beragama Kristen. "Mungkin ya dia dapat hidayah ketika teman-temannya melakukan ibadah, melakukan kegiatan Islam, dia tertarik mau masuk agama Islam," katanya.

Ustadz Suaidy dalam tausiyahnya mengatakan bahwa syahadat yang diucapkan adalah janji. Setelah memeluk agama Islam, ia berharap Santos Ardiansyah dapat mendalami Ilmu agama Islam, baik tentang tata cara salat, maupun tata cara membaca Al Quran, serta mendalami Ilmu agama Islam di bidang lainnya.

"Syahadat ini adalah janji. Semoga kalian tetap istiqomah dalam Islam," kata Ustadz Suaidy.

Sementara itu Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Sohibur Rachman mengaku ikut terharu. Dirinya juga berharap, mualafnya narapidana tersebut benar-benar datang dari hati, tidak dijadikan asas manfaat dan bukan suatu modus.

"Semoga para mualaf ini bisa menjadi muslim yang taat dan tetap istiqomah," pungkasnya. (pmk1/ian)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...