Polres Gresik Larang Takbir Keliling

Polres Gresik Larang Takbir Keliling Kapolres AKBP Arief Fitrianto, Dandim Letkol Inf. Taufik Ismail, dan Sekretaris Dispol PP Suprapto saat apel kesiapan malam Hari Raya Idul Adha 1442 H. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Polres melarang pelaksanaan takbir keliling pada malam Hari Raya 1442 H. Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 dan gangguan kamtibmas.

Untuk mencegah warga menggelar takbir keliling, personel gabungan TNI-Polri dan Satpol PP menggelar operasi pengamanan yang diawali apel di halaman Mako Polres , Senin (19/7/2021) malam.

"Malam ini kita laksanakan pengamanan malam . Berlanjut keesokan harinya pengamanan Salat dan pembagian daging kurban," ucap Kapolres AKBP Arief Fitrianto saat memimpin apel didampingi Dandim 0817 Letkol Inf Taufik Ismail.

Ia mengimbau masyarakat agar mengurangi mobilitas selama penerapan PPKM Darurat. Yakni tidak keluar rumah dan menghindari kerumunan, salah satunya dengan tidak menggelar takbir keliling.

"Petugas yang melaksanakan pengamanan tidak terpaku pada pelarangan pelaksanaan ibadah. Namun dalam hal ini dititikberatkan pada pergerakan masyarakat. Jangan sampai ada kegiatan takbir keliling. Pam dilakukan mulai pukul 18.00-23.00 WIB," jelasnya.

Alumnus Akpol 2001 itu juga mewanti-wanti agar masjid yang melaksanakan Salat sekaligus pemotongan hewan kurban menerapkan disiplin protokol kesehatan (prokes) ketat. "Jangan sampai momen istimewa ini menjadi sarang penyebaran Covid-19," imbaunya.

Sementara Dandim menambahkan, pelaksanaan pengamanan akan dilakukan di hingga tingkat kecamatan. Pihaknya sudah menginstruksikan para danramil agar mengimbau masyarakat untuk di masjid, untuk mengganti kegiatan takbir keliling.

"Wilayah termasuk level 3 zona merah. Diimbau kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk tidak melaksanakan salat berjamaah di masjid," pungkasnya. (hud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO