Putus Sebaran Covid-19, Bupati Pamekasan Bentuk Pesantren Tangguh

Putus Sebaran Covid-19, Bupati Pamekasan Bentuk Pesantren Tangguh Bupati Pamekasan H. Baddrut Tamam saat berkoordinasi dengan TNI-Polri dan kalangan pesantren yang ada di Kabupaten Pamekasan, Jumat (6/8/2021). (foto: ist)

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bupati Pamekasan H. Baddrut Tamam melakukan berbagai upaya untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Pamekasan. Di antaranya, yakni dengan merealisasikan pembentukan Pesantren Tangguh Covid-19 di berbagai kecamatan. 

"Konsepnya di setiap pesantren tersebut harus sudah total menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Baik untuk setiap individu di kawasan pondok pesantren maupun untuk tamu yang datang," ungkap  saat berkoordinasi dengan TNI-Polri dan kalangan pesantren yang ada di Kabupaten Pamekasan, Jumat (6/8/2021).

Ia berharap minimal ada 1 pondok pesantren yang bersedia untuk dijadikan pesantren tangguh di tiap kecamatan. Dengan begitu, maka sudah menjadi modal dasar penguatan klaster untuk percepatan upaya bersama untuk menanggulangi pandemi Covid-19 ini.

"Gerakan ini bisa masif baik dalam menguatkan prokes di klaster pesantren maupun percepatan vaksinasi Covid-19 di Pamekasan dari basis pesantren," jelasnya.

Dikatakan, semangat membentuk gerakan pesantren tangguh ini sekaligus menjadi pintu masuk untuk melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 di lingkup pesantren.

"Alhamdulillah, sudah banyak pengasuh pondok pesantren yang sepakat dengan pola pesantren tangguh ini. Bahkan, kami sedang menjalin komunikasi untuk kesediaan pondok pesantren untuk divaksinasi massal," tuturnya.

Diharapkan, gerakan kolaboratif antara ulama dan umara ini bisa jadi jalan tengah mencapai target sasaran vaksinasi Covid-19 di Pamekasan. Pasalnya, capaian vaksinasi Kabupaten Pamekasan masuk 4 terbawah dari 38 kabupaten/kota se-Jatim. (pmk1/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO