Dokter Agung Dukung Pergub Larangan Ekspor Bibit Porang

Dokter Agung Dukung Pergub Larangan Ekspor Bibit Porang dr. Agung Mulyono, Anggota Komisi B DPRD Jatim. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Porang bakal dipredisi menjadi komoditas andalan untuk pasar eskpor sekaligus menjadi alternatif pangan. Hal ini memantik Anggota Komisi B DPRD Jawa Timur, Agung Mulyono mendorong budi daya tanaman semakin menggeliat di Jawa Timur.

Dengan banyaknya budi daya , diharapkan ekonomi masyarakat bakal terkerek naik. Apalagi, pandemi Covid-19 ini sangat memukul perekonomian di Jawa Timur.

Agung Mulyono mengapresiasi kebijakan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang mengeluarkan larangan ekspor bibit atau benih melalui Pergub Nomor 30 Tahun 2021. Larangan ekspor diberlakukan menyusul banyaknya bibit dijual ke luar negeri.

"Kami sangat mengapresiasi Gubernur Jatim karena adanya larangan ekspor bibit tanaman . Ini sangat membantu para petani untuk bisa mendapatkan bibit ," tutur pria yang akrab disapa Dokter Agung itu, Senin (23/8/2021).

Dijelaskan Agung, juga bisa menjadi bahan baku produk kosmetik dan subtitusi nasi. Besarnya potensi di Jatim menjadikan pemerintah menyediakan bantuan permodalan berupa kredit usaha rakyat (KUR) yang besar.

Dokter alumnus Unair ini menyampaikan bahwa di dapilnya yang meliputi Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso, para petani sudah mulai dikenalkan cara pengolahan umbi dengan mesin modern. Hal tersebut untuk meningkatkan perekonomian para petani lokal.

"Kami juga melakukan pembinaan di Banyuwangi dengan cabang dinas provinsi yang di Banyuwangi. Berikutnya, menyusul Situbondo dan Bondowoso," ujar politikus Demokrat tersebut.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO