Peringati Hari Batik Nasional, Siswa KB-TK Al Muslim Sidoarjo Belajar Membatik hingga Fashion Show

Peringati Hari Batik Nasional, Siswa KB-TK Al Muslim Sidoarjo Belajar Membatik hingga Fashion Show MODEL CILIK: Siswa KB-TK Al Muslim Sidoarjo mengikuti fashion show berbusana batik dengan mematuhi prokes, Jumat (1/10/2021). Kegiatan ini dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional 2 Oktober. foto: istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Puluhan siswa-siswi KB-TK Al Muslim Sidoarjo belajar membatik secara luring di sekolah dengan memenuhi protokol kesehatan (prokes) dan daring melalui aplikasi zoom pada Jumat (1/10/2021). Selain itu, siswa-siswi juga mengikuti fashion show busana batik. Kegiatan ini dalam rangka Hari Batik Nasional.

Dalam kegiatan belajar membatik, siswa dikenalkan berbagai macam jenis batik Indonesia. Selain itu juga dikenalkan peralatan membatik, mulai dari chanting, malam, wajan, dan kompor. Siswa juga diajak praktek membatik celup teknik jumputan dan ikat, mulai berbahan kerta hingga kain.

Siswa juga diajari cara melipat lalu mengikat dan pewarnaannya. Tujuan pelatihan itu agar siswa percaya diri dan bangga memakai batik.

Salah satu siswa TK Al Muslim, Malika mengaku senang bisa belajar membatik bersama ustadzah dan teman-temannya. Siswa berusia lima tahun ini belajar membatik ikat.

Dia memilih batik ikat karena suka melipat, mengikat dan mencelup ke warna-warninya. ”Saya suka mencelup warni-warni,” ucap Malika, Jumat (1/10/2021).

Siswa lainnya, Amora mengaku tidak kesulitan membatik jumputan di atas kain. Alasannya karena suka mengikat kelerengnya dan mencelup ke warna-warninya.

Simak berita selengkapnya ...