Tingkat Kepuasan Publik kepada Gubernur Khofifah Sangat Tinggi, Capai 82,8 Persen

Tingkat Kepuasan Publik kepada Gubernur Khofifah Sangat Tinggi, Capai 82,8 Persen Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menjelang HUT Jatim ke-76 pada 12 Oktober 2021 dan 2,5 tahun Khofifah Indar Parawansa memimpin Jawa Timur, ternyata tingkat kepuasan publik terhadap kinerja gubernur sangat tinggi, mencapai 82,8 persen. Fakta ini didapat dari hasil survei yang dirilis oleh The Republic Institute.

Dr. Sufyanto, Peneliti Senior The Republic Institute, mengatakan angka 82,8 persen itu sangat tinggi. Hal itu tak lepas dari keberhasilan gubernur perempuan pertama di Jatim itu dalam program pendidikan yang tingkat kepuasan publiknya mencapai 20 persen, kesehatan 16,4 persen, dan infrastruktur 16,1 persen.

"Pendidikan, kesehatan dan infrastruktur adalah kebutuhan mendasar masyarakat. Ini adalah program gubernur yang mampu dirasakan langsung masyarakat sehingga tingkat kepuasan publiknya tinggi," ujar Sufyanto, Senin (11/10/2021).

Dosen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) ini mengungkapkan, persentase tingkat kepuasan publik kepada gubernur yang mencapai 82,8 persen itu lebih tinggi daripada bupati dan wali kota yang ada di Jatim, dengan persentase 80,4 persen. Padahal, bupati dan wali kota mempunyai akses jarak yang lebih dekat ke masyarakat, ketimbang gubernur.

Kondisi ini membuktikan bahwa masyarakat merasa lebih dekat dengan gubernur. Kedekatan ini tidak hanya terbangun secara fisik, tapi juga lewat program-program yang manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Tak heran, popularitas Khofifah mencapai 97,8 persen, artinya hampir tidak ada masyarakat Jawa Timur yang tidak mengenal figur Khofifah.

Simak berita selengkapnya ...