Penghuni Isoter Kota Blitar Tinggal 3 Orang

Penghuni Isoter Kota Blitar Tinggal 3 Orang Tempat isolasi terpusat di Kota Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Tempat isolasi terpusat (isoter) di Jalan Ir Soekarno Kota Blitar saat ini hanya menyisakan tiga penghuni. Tiga orang penghuni isoter tersebut adalah warga Kota Blitar yang positif Covid-19 tanpa gejala. Mereka dibawa ke isoter dan tidak diperbolehkan melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah untuk mencegah penularan.

Data dari relawan kesehatan yang bertugas di isoter, pada awal Oktober lalu isoter di Gedung Asrama di Kota Blitar itu masih dihuni 18 orang. Namun jumlahnya terus menurun seiring dengan kesembuhan pasien isoter.

"Tiga orang tersebut satu bisa keluar tiga hari lagi. Sedangkan dua lainnya keluar empat hari lagi. Mudah-mudahan tidak ada yang masuk lagi," ujar relawan kesehatan yang bertugas di Isoter, Rani Dwi Astuti, Senin (18/10).

Jumlah ini, kata dia, merupakan yang terendah sejak Agustus 2021. Di tempat isoter ini, pada Agustus lalu pernah dihuni hampir 100 orang dari kapasitas tempat tidur sebanyak 126. Kemudian berangsur menurun memasuki bulan September.

"Total warga Kota Blitar yang pernah menjalani isolasi di tempat isoter sebanyak 370 orang," imbuhnya.

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Blitar, Dharma Setiawan, mengatakan dalam tiga pekan terakhir Kota Blitar memang mengalami tren penurunan kasus Covid-19. Sehingga Kota Blitar sudah memberlakukan uji coba new normal PPKM Level 1.

Simak berita selengkapnya ...