Penjaringan Cabup-Cawabup Golkar Gresik Resmi Ditutup, Munculkan 1 Cabup dan 3 Cawabup

GRESIK (BangsaOnline) - DPD (Dewan Pimpinan Daerah) II Kabupaten Gresik akhirnya resmi menutup penjaringan cabup (calon bupati) dan cawabup (calon wakil bupati) yang bakal ditarungkan pada Pemilukada (pemilu kepala daerah) Kabupaten Gresik pada bulan Desember 2015 mendatang.

Dari hasil penjaringan yang dibuka DPD II mulai 15-24 Maret 2015, muncul 1 cabup dan 3 cawabup yang diusulkan oleh semua pengurus Gresik mulai tinggkat desa hingga tingkat kabupaten.

Untuk cabup yang diusulkan tetap, Sambari Halim Radianto yang sekarang masih menjabat sebagai Bupati Gresik. Sedangkan, cawabup yang dimunculkan ada tiga nama. Mereka adalah, Sekretaris DPD II Gresik, Ahmad Nurhamim, Wabup Gresik, Moch Qosim dan pengurus Gapensi (Gabungan Pengusaha Konstruksi) Gresik, Sunaryo.

"Setelah kami lakukan penjaringan dan perdebatan sangat alot, akhirnya diputuskan untuk memunculkan satu cabup (Sambari Halim Radianto ) dan tiga cawabup ( Ahmad Nurhamim, Moch Qosim dan Sunaryo)," kata Sekretaris DPD II Gresik, Ahmad Nurhamim usai memimpin rapat laporan hasil penjaringan cabup-cawabup DPD II Gresik, di kantor DPD II Gresik, Jalan Panglima Sudirman, Gresik, Selasa (24/3).

Selanjutnya, kata Nurhamim, calon-calon tersebut, baik cabup maupun cawabup dikirim ke DPD I Jawa Timur untuk disikapi. Setelah itu, cabup-cawabup yang diusulkan Gresik tersebut dikirim ke DPP untuk diputuskan satu paket (cabup-cawabup).

"Nantinya, DPP yang memiliki wewenang memutuskan siapa pasangan cabup-cawabup yang diusung Gresik untuk bertarung pada Pemilukada Desember," jelas mantan Wakil Ketua DPRD Gresik periode 2009-2014 ini.

Ditambahkan Nurhamim, sesuai schedule, pendaftaran cabup-cawabup dibuka oleh KPUD Gresik bulan Juli 2015. Sementara penetapan cabup-cawabup oleh DPP dijadwalkan paling lambat pada tanggal 3 Mei-Juni 2015.

"Jadi, kami masih memiliki waktu panjang untuk memersiapkan pendaftaran cabup-cawabup yang kami usung," terangnya.

Nurhamim mengakui, dalam penjaringan cabup-cawabup, baik penjaringan dilakukan dengan cara meminta masukan dari pengurus tingkat bawah seperti tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten, mereka kompak tetap mengusung Sambari Halim Radianto sebagai cabup tunggal yang diusung Gresik.

DPD II Gresik, lanjut Nurhamim menyerahkan keputusan paketan cabup-cawabup ke DPP. DPD II Gresik akan tunduk dan patuh terhadap keputusan yang telah ditentukan DPP. "Kami yakin keputusan yang diambil DPP adalah keputusan yang terbaik. Karena itu, kami tunduk dan patuh menjalankan keputusan tersebut," pungkas Nurhamim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO