Jadi Ajang Promo, Dinas Pariwisata Trenggalek Gelar Festival Turonggo Yakso

Jadi Ajang Promo, Dinas Pariwisata Trenggalek Gelar Festival Turonggo Yakso Para peserta Festival Jaranan Turonggo Yakso saat tampil di GOR SMAN 1 Trenggalek, foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka promosi Kesenian dan kesenian lainnya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Trenggalek menggelar Festival ke-25 Tahun 2021 di GOR , Sabtu (20/11).

Kepala Disparbud Kabupaten Trenggalek, Drs. Sunyoto mengatakan kegiatan ini merupakan event tahunan, yang sekaligus sebagai wadah aktualisasi dan pembinaan bagi para seniman, khususnya Seniman Tari di Kabupaten Trenggalek.

"Dan sekaligus sebagai ajang promosi, utamanya promosi wisata budaya," kata Sunyoto.

Ia menyampaikan kegiatan ini sengaja digelar dengan tujuan untuk memberikan edukasi bagi para seniman tentang bagaimana menggelar pertunjukan di masa pandemi seperti saat ini.

"Pelaksanaan festival ini kita laksanakan secara virtual. Jadi tidak ada penonton, bahkan kalau bisa dikatakan cuma ada kamera saja yang melihat sama tim juri," terangnya.

Dalam pelaksanaan festival ini, para peserta festival diwajibkan menunjukkan kartu vaksin sebagai bukti mereka telah divaksin. Termasuk para kru kegiatan ini diwajibkan untuk menunjukkan hasil rapid antigen negatif ketika memasuki lokasi kegiatan.

"Jadi kita format pertunjukan yang aman di masa pandemi," jelasnya.

Simak berita selengkapnya ...