DPRD Gresik Mantu, Nikahkan Belasan Pasangan Dhuafa

DPRD Gresik Mantu, Nikahkan Belasan Pasangan Dhuafa Bupati, dan Ketua DPRD Gresik bersama pasangan yang baru dinikahkan. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - DPRD Gresik menikahkan 18 pasangan dhuafa di ruang paripurna, Minggu (12/12). Program dari wakil rakyat di Kota Pudak dilatarbelakangi banyaknya anak yang tak bisa mengurus akta kelahiran, maupun kartu keluarga, lantaran orang tuanya belum menikah secara resmi atau tak tercatat oleh negara.

Syaikhu Busiri, Anggota DPRD Gresik sekaligus Founder Omah Dhuafa, bersyukur atas terlaksananya kegiatan ini. Ia mengungkapkan, pasangan dhuafa yang menikah kali ini merupakan hasil pencarian pihaknya ke desa-desa, yang dilakukan mulai bulan November 2020.

"Hasilnya, ada 34 pasangan daftar. Karena banyak yang kurang kelengkapan, selama 1 tahun hanya 18 pasangan yang bisa dinikahkan. Namun, dari 18 pasangan itu satu pasangan belum satu tahun melahirkan, satu pasangan kena kasus hukum dan tak bisa dihadirkan. Sehingga 16 pasangan yang hadir di DPRD," paparnya

Ia berterima kasih kepada Ketua DPRD Gresik atas bantuannya terkait kegiatan tersebut. Selain itu, lanjut Syaikhu, program ini juga mendapat dukungan dari Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani (Gus Yani), beserta jajarannya.

"Kegiatan ini juga atas bantuan Pak Bupati yang meminta dispendukcapil untuk membantu terselenggaranya kegiatan DPRD mantu. Juga Plt Sekwan Sutarmo, dan semua pegawai," tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Gresik, Much Abdul Qodir, mengaku tak pernah berpikir jika dewan akan melaksanakan nikah massal. Ia pun bersyukur lantaran gedung dewan ini akhirnya bisa digunakan untuk agenda yang membahagiakan itu.

"Gedung DPRD ini disebut rumah rakyat, yang kita pakai sehari-hari untuk kepentingan rakyat. Nikah massal ini bukti gedung DPRD adalah rumah rakyat," katanya.

Ia juga berterima kasih kepada bupati dan jajarannya beserta Founder Omah Dhuafa atas terselenggaranya kegiatan DPRD Gresik Mantu ini. Menurut dia, program ini untuk membantu masyarakat dhuafa.

Simak berita selengkapnya ...